Infrastruktur Jalan Rusak Berat, Dinilai Jadi Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Warga Surian

  • Bagikan
Camat Surian

INISUMEDANG.COM – Rusaknya sebagian besar ruas jalan kabupaten dinilai menjadi penghambat laju pertumbuhan ekonomi warga Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang.

Disisi lain, Kecamatan Surian merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Subang. Yang tentunya seharusnya menjadi etalase Kabupaten Sumedang.

Buruknya infrastruktur jalan di wilayah Kecamatan Surian tersebut, dibenarkan oleh Camat Surian Deni Nurdani Supandi.

Menurutnya, ruas jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Surian ini panjangnya mencapai 24 km, yaitu meliputi ruas Jalan Cisumur-Nangerang-Sanca sepanjang 21 km dan Jalan Jingkang-Cisumur sepanjang 3 km.

Adapun dari total ruas jalan di wilayah Surian tersebut, sambung Deni, sepanjang 17,5 km masih dalam kondisi rusak.

“Rusaknya sebagian besar ruas jalan ini, tentunya menjadi masalah utama bagi masyarakat Surian. Sehingga hal ini menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi kami,” ujar Deni saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (7/9/2021).

Sebagai camat baru, kata Deni, pihaknya akan mencoba untuk menginventarisasi berbagai persoalan yang terjadi di kecamatan Surian, diantaranya dengan mendata ruas jalan yang telah mengalami kerusakan di wilayah kerjanya tersebut.

“Hasil pendataan sementara kami di lapangan, ruas jalan yang kini kondisinya perlu segera mendapat perbaikan ini totalnya mencapai 17,5 km. Dan hasil pendataan ini akan dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Sumedang,” kata Deni

Lebih lanjut Deni menuturkan, untuk titik jalan yang rusak tersebar di beberapa ruas jalan, meliputi ruas Jalan Cisumur-Nangerang-Sanca ini, meliputi ruas Jalan Haurpapak-Ciendog kerusakannya sepanjang 1,5 km, Jalan Suriamedal-Tanjung kerusakannya 5 km, dan Jalan Tanjung-Sanca kerusakannya mencapai 9 km.

Sedangkan ruas Jalan Jingkang-Cisumur kondisi kerusakan mencapai 2 km, dan pada Jalan Cisumur-Nangerang-Sanca titik kerusakan mencapai 15,5 km.

“Data tersebut, telah kami koordinasikan dengan Dinas PUPR. Dan informasinya, untuk Jalan Hariang-Cisumur, rencananya akan diperbaiki tahun 2021 ini. Dan untuk kerusakan pada ruas Jalan Nangerang-Sanca, kemungkinan baru bisa mulai diperbaiki pada tahun anggaran 2022 nanti,” tuturnya.

Masih kata Deni, dengan buruknya infrastruktur jalan di wilayah Surian ini, kerap kali dikeluhkan masyarakat. Karena berdampak terganggunya berbagai aktivitas masyarakat. Dan juga berdampak terhambatnya akses pelayanan.

“Rusaknya jalan ini juga dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi serta mobilisasi masyarakat di Surian,” ucapnya.

Untuk itu, tambah Deni, sebagai kepala wilayah, dirinya berkewajiban untuk mendorong berbagai pembangunan di wilayah Kecamatan Surian, seperti apa yang diamanatkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sumedang.

“Besar harapan, Visi Sumedang Simpati yang salah satunya ingin mewujudkan masyarakat Sumedang sejahtera ini, dapat dirasakan pula oleh 11.596 penduduk Surian,” kata Deni menegaskan.

  • Bagikan