Banner Iklan bjb

Buka MTQ ke-37 Jabar di Sumedang, Wagub Jabar: Ini Bukti Pemprov Jabar Hormati Agama Islam

INISUMEDANG.COM – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Jawa Barat di Sumedang, Minggu 19 Juni 2022. “Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, MTQ ke-37, dan dengan lebih dahulu membaca basmallah. Bismillahirrahmanirrahim, MTQ ke-37 Tingkat Jabar ini resmi dibuka,” ujar Uu Ruzhanul Umum, Minggu, 19 Juni 2022.

Menurutnya, MTQ merupakan sebagai arena evaluasi untuk para kiai, ulama, dan ahli qiraat. Tentang barometer pendidikan Alquran di masyarakat khususnya santri.

“Evaluasi untuk ulama qiraah dan LPTQ, sudah sejauh mana pendidikan ke para santri,” kata Uu. 

Uu menambahkan, gelaran MTQ dengan pendanaan yang dialokasikan khusus, adalah bukti Pemerintah Provinsi Jawa Barat bagaimana menghormati agama Islam.

“Ini merupakan penghormatan pemerintah terhadap umat Islam, legalitas formal dalam tiap tahun untuk MTQ ini. Bukti pemerintah RI menghargai Islam,” ucapnya.

Selain itu, Uu juga meminta pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Agar bonus atau hadiah yang diberikan kepada para pemenang MTQ sama dengan hadiah dan bonus keolahragaan.

“Bagi mereka yang berhasil mendapatkan juara, saya ingin mendapat perhatian lebih. Khususnya, bonus dan hadiah untuk juara-juara yang memenangkan MTQ di tingkat provinsi,” ujarnya menandaskan.