Berkunjung ke Sumedang, Mensos Siap Bantu Penataan Kawasan Makam Cut Nyak Dien

  • Bagikan
Menteri Sosial Republik Indonesia Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T.

INISUMEDANG.COMMenteri Sosial Republik Indonesia Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T. atau yang akrab disapa Risma melakukan ziarah ke Komplek Pemakaman Cut Nya Dien Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, Jumat (22/10/2021).

“Sebetulnya Ziarah ini dalam rangka menyongsong hari pahlawan. Dan saya ingin generasi muda kita ini terutama generasi penerus itu mengerti bahwa kemerdekaan kita ini bukan diraih dengan pemberian tapi dengan perjuangan panjang,” kata Risma kepada sejumlah wartawan.

Pada kesempatan itu, Risma juga mengatakan, jika dirinya siap membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang merencanakan akan membuat Master plan penataan kawasan makam Cut Nya Dien.

“Tadi sebelumnya saya bicara dengan pa Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir. Yang katanya Pemkab Sumedang sedang berencana untuk membuat master plan penataan kawasan makam Cut Nya Dien. Insya Allah dengan anggaran yang terbatas mudah-mudahan saya bisa membantu,” ujar Risma.

Selain itu, Risma juga mengatakan, sebelumnya dirinya juga telah berziarah ke makam Proklamator Kemerdekaan RI Muhammad Hatta di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jakarta Selatan.

“Saya ingin anak-anak muda terutama generasi penerus mengerti bahwa kemerdekaan negara kita ini diraih bukan pemberian, tetapi diraih dengan proses perjuangan yang sangat panjang, ” tutur Tri Rismaharini, menambahkan.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, merasa bersyukur dan berbahagia atas kehadiran Menteri Sosial yang secara langsung berziarah ke makam Cut Nyak Dien.

“Bu Risma ini luar biasa, ingin tahu langsung bagaimana keadaan Makam Cut Nyak Dien. Kemudian dari segi penataan, tadi Bu Risma siap membantu apa yang menjadi kekurangannya. Dan barusan saya sudah sampaikan langsung, bagaimana kami akan melakukan penataan tersebut,” ujar Dony.

Lebih lanjut Dony menuturkan, jika untuk Makam Cut Nyak Dien ini, diperlukan pelebaran jalan. Untuk itu, dalam waktu dekat Pemkab Sumedang akan membuat Detail Engineering Design (DED) untuk penataan Makam Cut Nyak Dien ini. Dan untuk pembebasan lahan dan pembangunannya akan diusulkan ke Menteri Sosial, termasuk institusi terkait lainnya, serta dari Aceh pun akan kita ajak.

“Jadi sedianya jika DED nya sudah ada, untuk pembebasan jalan, butuh akses jalan baru dan butuh untuk penataan Makam lebih baik lagi. Disamping untuk pembebasan membuat akses jalan baru, disini juga kami memerlukan tempat kantong parkir baru. Karena disini sering sekali banyak yang berziarah yang tentunya memerlukan tempat parkir yang memadai,” kata Dony.

Adapun untuk rencana penataan Makam Cut Nyak Dien sendiri, tambah Dony, diperkirakan akan dilaksanakan pada tahun 2022 nanti.

“Rencananya akan dilaksanakan tahun depan. Dan untuk tahun ini kami targetkan untuk DED nya selesai,” tutur Dony.

  • Bagikan