Bank bjb Serahkan Bantuan Penanggulangan Bencana kepada Pemkab Ciamis

  • Bagikan
bjb - IniSumedang.Com

CIAMISBank bjb menyerahkan bantuan operasional penanggulangan bencana kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis. Bantuan tersebut diserahkan oleh Pemimpin Kantor Wilayah III bank bjb, Nunung Suhartini beserta Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Ciamis Moch Indra kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, beberapa waktu yang lalu.

Penyerahan bantuan berupa mobil taktikal dan perahu karet tersebut juga dihadiri Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Kabupaten Ciamis Ika Darmaiswara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis Kurniawan, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Dadang Darmawan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, dukungan bantuan operasional penanganan bencana itu merupakan perwujudan komitmen bank bjb dalam menanggulangi permasalahan sekaligus mitigasi risiko kebencanaan di Tatar Galuh.

“Dukungan yang diberikan bank bjb ini akan melengkapi ketersediaan sarana dan prasarana kebencanaan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Ciamis. Sekaligus sebagai upaya untuk mendorong Ciamis menjadi daerah tangguh bencana. Kami berharap dukungan yang diberikan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ciamis,” kata Widi.

Baca Juga : Dekatkan Fasilitas ke Nasabah, bjb Hadirkan Modul Edukasi Keliling

Berdasarkan Indeks Area Rawan Bencana Nasional di Indonesia yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kabupaten Ciamis menempati urutan 16 dari 494 kabupaten rawan bencana di Indonesia. Serta urutan lima dari 26 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Data tersebut menunjukkan indeks kerawanan bencana di Ciamis termasuk dalam wilayah dengan kerentanan tinggi. Jenis bencana yang kerap terjadi di wilayah Ciamis, di antaranya banjir dan banjir bandang, pergerakan tanah, tanah longsor, angin puting beliung. Dukungan yang diberikan bank bjb merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat, di mana bank bjb hendak turut serta terlibat dalam penanganan kebencanaan. Dalam praktiknya, penanganan masalah bencana ini dilaksanakan secara lintas sektoral serta melibatkan semua elemen masyarakat, termasuk bank bjb.

  • Bagikan