Banner Iklan bjb

Bandung Jadi Kota Pelajar Terbaik se-Asia Tenggara Versi QS WUR

Bandung Kota Pelajar Terbaik
Prosesi Wisuda Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Foto: Instagram @Universitas Padjadjaran)

BANDUNGBandung masuk sebagai daftar kota pelajar terbaik se-Asia Tenggara. Hal ini diambil dari peringkat Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) yang membuat daftar kota terbaik bagi pelajar di Indonesia.

Berdasarkan rilis resmi yang disampaikan Humas Bandung, ada lima kota pelajar terbaik di Asia Tenggara. Diantaranya ada di negara Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Manila, dan Indonesia.

Di Indonesia, Bandung berhasil meraih kota terbaik yang diikuti kota Jakarta dan Surabaya. Sesuai penilaian yang dilakukan QS Best Student Cities.

Selanjutnya sebagai informasi, ada enam indikator penilaian yang digunakan dalam pemeringkatan. Yaitu: university rankings, student mix, desirability, employer activity, affordability, dan student voice.

Dalam QS WUR, ada enam kampus yang ada di kawasan Bandung Raya, yang masuk daftar kampus terbaik di Indonesia. Lima dari enam kampus tersebut memiliki kampus yang terletak di Bandung:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB),
  2. Universitas Padjadjaran (Unpad),
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),
  4. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI),
  5. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar).

Kota Dalam Pemeringkatan QS Best Student Cities

Secara rinci, kota yang masuk ke dalam pemeringkatan QS Best Student Cities. Merupakan kota dengan jumlah penduduk paling sedikit 250.000 jiwa. 

Sehingga Kota tersebut memiliki dua universitas terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS World University terbaru. 

Selain itu, ada beberapa aspek pertimbangan. Seperti keterjangkauan biaya pendidikan, biaya hidup, jumlah pelajar internasional, keamanan dan kesehatan, juga survei dari mahasiswa.

Selain itu QS WUR menyebutkan ada sebanyak 164 kota memenuhi syarat untuk dipertimbangkan dalam penilaian sebagai destinasi kota terbaik bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan.

Dari 140 kota yang masuk dalam daftar kota pelajar terbaik di dunia versi QS, Bandung menempati peringkat 120 dunia dengan skor 39,4. 

Disusul Jakarta yang berada di peringkat 124 dunia dengan total skor 37,5 dan Surabaya pada posisi 126 dunia dengan total skor 37,2. 

Kota Bandung bahkan lebih baik dari Rio de Janeiro Brasil yang berada di peringkat 121 dan ibu kota India, New Delhi (peringkat 129).