Ayo Beralih ke Kartu ATM bjb Chip

  • Bagikan
atm bjb chip

BANDUNG – Transaksi perbankan anda kini akan lebih mudah. Adanya konversi kartu ATM/Debet magnetik ke kartu ATM chip telah memberikan keamanan bagi setiap penggunanya.

Bank bjb sebagai bank pembangunan daerah untuk wilayah Jawa Barat dan Banten telah menghadirkan teknologi tersebut. Hadirnya ATM bjb chip menjadi terobosan baru bjb dalam segi layanan digital.

Salah seorang nasabah bank bjb, Sisca Wuri mengaku lega karena telah mengganti Kartu ATM/Debet magnetik miliknya menjadi kartu baru berteknologi chip. Sisca menceritakan dengan kartu ATM bjb chip yang barunya itu, ia merasa lebih aman dalam melakukan transaksi.

“Ya sekarang merasa jauh lebih aman. Apalagi saya sering dengar berita kasus pembobolan kartu ATM yang dikuras orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan kartu ATM bjb chip ini saya tidak was-was lagi,” katanya.

Apa yang dilakukan Sisca adalah mengikuti aturan pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia yang mengimbau nasabah segera mengganti kartu debit miliknya menjadi kartu yang berbasis chip, karena dinilai lebih aman.

Seperti diketahui, Bank Indonesia menetapkan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) sebagai Standar Nasional Teknologi Chip kartu ATM dan/atau kartu Debit yang digunakan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan atau kartu Debit di Indonesia.

Penerapan NSICCS pada kartu ATM/Debit memiliki tujuan utama untuk meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu ATM dan/atau kartu.
Selain itu, implementasi ini juga dapat mendorong terciptanya interoperabilitas instrumen yang sejalan dengan semangat National Payment Gateway serta mendukung terciptanya efisiensi sistem pembayaran melalui biaya transaksi yang wajar dan memperhatikan perlindungan konsumen.

“Langkah ini menjadi momentum penting untuk mewujudkan industri sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar, dan andal, dengan tetap memperhatikan perluasan akses dan perlindungan konsumen, serta mengutamakan kepentingan nasional,” kata Direktur Utama Bank bjb, Yuddy Renaldi.

Yuddy melanjutkan, penggantian kartu ATM dari magnetik menjadi chip ini diatur dalam arahan Bank Indonesia (BI) melalui Surat Edaran (SE) Nomor 17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online (PIN) enam digit untuk kartu ATM dan kartu debit yang diterbitkan di Indonesia. Dalam SE tersebut, perbankan di Indonesia harus melakukan penggantian kartu debit ATM nasabahnya ke dalam bentuk terbaru.

  • Bagikan