Antisipasi Pemudik, Sumedang Siapkan Penyekatan di 11 Titik Perbatasan

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Untuk mengantisipasi pemudik masuk ke Sumedang pada hari Raya Idul Fitri 2021 nanti. Polres Sumedang menyiapkan penyekatan di 11 titik yang berbatasan langsung dengan Kabupaten – Kabupaten disekitar Sumedang.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto usai melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral secara Nasional yang diikuti oleh Kementrian dan Pemerintah Daerah seluruh indonesia untuk membahas teknik penyekatan larangan mudik tahun 2021 yang dilakukan secara Virtual di Mapolres Sumedang, Rabu (21/4/2021).

Eko mengatakan, untuk finalisasi 11 titik penyekatan dalam rangka mencegah pemudik masuk ke Sumedang, rencananya akan ditentukan melalui rapat Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) yang bakal dilakukan sore ini.

“Untuk titik-titik penyekatan di Sumedang akan dipastikan kembali melalui rapat Forkopimda,” ujarnya.

Eko menuturkan, penyekatan yang berbatasan dengan Kabupaten – kabupaten di sekitar Sumedang, tentunya akan lebih spesifik lagi dibandingkan dengan larangan mudik pada tahun lalu.

Kemudian, untuk mendukung penyekatan tersebut, Polres Sumedang akan mengerahkan personil lebih banyak dan juga akan menggelar peralatan medis, seperti GeNose yang dimiliki oleh Polres Sunedang dalam rangka program pemerintah pada larangan mudik tahun 2021 ini.

“Rancangan kami sementara, sekitar 550 personil dari 1.200 personil di Polres Sumedang akan dikerahkan. Dan nantinya 550 personil akan disiagakan di 11 titik penyekatan tersebut yang dibagi tiga ship,” ujarnya.

Eko menambahkan, melalui penyekatan ini, diharapkan kedepan untuk penyebaran Covid-19 di kabupaten Sumedang dapat terkendali.

“Untuk itu, bagi masyarakat Sumedang yang ada di perantauan, kami mohon untuk tahun ini tidak mudik demi kebaikan bersama,” harapnya.

  • Bagikan