24 Tahun Berdiri, APERSI Optimis Bersama Pemerintah Sukseskan Program Satu Juta Unit Rumah Bagi MBR

Program Satu Juta Unit Rumah

GARUT – Hari ini, 10 November 2022, usia Asosiasi Pengembang Perumahan Dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) genap berusia ke 24 tahun. Hari besar Apersi juga bertepatan dengan hari Pahlawan, sehingga hari ini menjadi hari yang sangat bersejarah bagi Asosiasi ini.

Selama ini Apersi telah membuktikan kerja keras dan bukti nyata memberikan pengabdian kepada negara dengan membantu masyarakat. Khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR dalam mendapatkan rumah sebagai tempat tinggal yang layak dalam Program Satu Juta Unit Rumah.

Di usia ke 24 tahun, tentu bukan waktu yang singkat. Perjalanan Apersi di Indonesia telah memberikan warna tersendiri di dunia property. Dari tahun ke tahun, dari masa ke masa Apersi terus melakukan beragam terobosan, sehingga program pemerintah bisa berjalan dengan baik, dan harapan masyarakat bisa terwujud.

Sekretaris Apersi DPD Jabar, H. Nurul Mubin, SHi mengatakan, Apersi kini telah tumbuh menjadi Asosiasi yang sangat besar. Ini semua berkat kerja keras para pendiri dan anggota Apersi dan tentunya berkat kiprah Ketua Umum Apersi, yang sekarang H. Junaedi Abdilah, SE,. MM dan ketua DPD Apersi Jabar, H. Rd. Gunawan Sumadikara sehingga sampai saat Apersi masih berdiri kokoh.

“Kami semua sangat bangga dan bahagia bisa bertemu dengan hari besar Apersi, karena hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi pembangunan perumahan di Negara Republik Indonesia. Selama ini Apersi didirikan dan dibangun atas dedikasi yang mulia untuk bangsa dan negara,” ujar H. Nurul Mubin kepada media di tempat kerjanya, Jl. Sudirman No. 30 Kabupaten Garut.

Dengan melihat data secara nasional pada periode Oktober tahun 2022, tercatat bahwa FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) bagi MBR (Masyarakat Berpengasilan Rendah) sudah terealisasi 179.780 unit dalam program satu juta unit rumah tersebut. Dari jumlah itu, anggota Apersi sudah berhasil merealisasikan pembangunan sebanyak 56.168 unit.

Berdasarkan data BP Tapera (Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat), di Jabar sendiri total pembangunan sudah terealisasi sebanyak 49.777 unit. Dari data itu, sebanyak 54 persennya direalisasikan oleh Apersi. Berarti jumlahnya sudah mencapai 27.216 unit di Jawa Barat sampai Oktober 2022.

Kedepannya, karena masih ada sisa waktu di akhir tahun 2022 yakni bulan November dan Desember, H.Nurul berharap target Apersi yang sudah pasti rumah yang sudah siap akad sekitar 3000 unit

“ini adalah bentuk syukur kami di usia Apersi yang ke 24 tahun, kami akan terus bekerja keras agar Apersi bisa lebih banyak merealisasikan rumah FLPP bagi MBR,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Nurul Mubin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Apersi dalam menjalankan tugasnya, sehingga program pemerintah dan harapan masyarakat bisa sinergi.

“Kerja keras Apersi bukan apa-apa, apabila tidak ada campur tangan pemerintah, notaris, perusahaan perbankan dan masyarakat. Untuk itu, saya seyogyanya harus menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang telah membantu Apersi,” tandasnya.

Diujung pembicaraan, Nurul Mubin mengucapkan selamat hari besar untuk Apersi. “Dirgahayu Apersi yang ke 24, Apersi Bangkit Lebih Kuat,” ucap Nurul Mubin dengan lantang.