Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sumedang launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Darmaraja

  • Bagikan
Ketua KPU Sumedang

INISUMEDANG.COM – Sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Sumedang melaksanakan launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Desa Cieunteung Kecamatan Darmaraja, Rabu (8/9/2021).

Desa Cieunteung sendiri, merupakan Desa yang dijadikan lokus pelaksanaan DP3 di Kabupaten Sumedang, yang merupakan salah satu dari 3 Kabupaten di Jawa Barat yang dijadikan sebagai pilot project DP3.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami (KPU Sumedang) karena salah satu desa di Sumedang dipercaya melaksanakan pilot project DP3 oleh KPU Provinsi Jawa Barat,” Ketua KPU Kab. Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi.

Lebih lanjut Ogi mengatakan,
DP3 merupakan salah satu bentuk kegiatan pendidikan pemilih dalam rangka meningkatkan tingkat partisipasi.

Dimana, secara kuantitas angka partisipasi Sumedang sudah cukup tinggi, seperti pada pemilu 2019 lalu, angka partisipasi menyentuh 83%. Melalui kegiatan DP3 ini, sambung Ogi, selain meningkatkan angka partisipasi secara kuantitas juga meningkatkan secara kualitas demokrasi

Hal itu, karena kualitas demokrasi diukur dari pemilih yang rasional, mandiri serta bertanggung jawab.

Selain itu, tambah Ogi, pemilih rasional harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan, setelah pengetahuan maka muncul kesadaran, setelah ada kesadaran maka akan muncul tanggung jawab.

“Jadi, kegiatan hari ini merupakan ihktiar untuk memberikan pengetahuan. Setelah kita berikan pengetahuan tentang pemilu, pemilihan dan demokrasi, diharapkan nanti akan muncul kesadaran tentang menjaga nilai-nilai demokrasi. Melaksanakan pemilu dan pemilihan yang bersih dari money politic, setelah itu muncul tanggung jawab berpartisipasi untuk memperbaiki kondisi, baik itu menjadi kontestan ataupun menjadi penyelenggara, jadi nanti kader-kader hasil DP3 bisa menjadi PPK atau PPS misalnya.” tuturnya.

  • Bagikan