Banner Iklan bjb

Tak Hanya Telan Korban Jiwa, Banjir Bandang di Citengah Sumedang Juga Rendam Belasan Rumah dan Hanyutkan 5 Kendaraan

INISUMEDANG.COM – Belasan rumah milik sekitar 15 kepala keluarga di Dusun Cieurih, Blok Tajur RT 02 RW 05 Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan, ikut terdampak banjir bandang yang terjadi di Sungai Cihonje Rabu (4/5/2022) sore.

Tak hanya belasan rumah yang terdampak banjir bandang juga merusak kolam-kolam ikan, mesjid, bangunan kayu atau saung, hingga pesawahan milik warga di Cipancar.

Selain itu sebanyak 4 mobil dan 2 kendaraan roda dua juga sempat ikut hanyut. Akibat derasnya banjir bandang, yang terjadi tak lama setelah hujan deras yang terjadi sekitar pukul 15.30 sore.

Edi Jangkung salah seorang warga terdampak banjir bandang mengatakan. Banjir juga telah menghanyutkan 2 unit kendaraan roda dua dan 3 unit kendaraan roda 4.

Selain itu, kondisi rumah warga juga mengalami kerusakan parah dan sempat membuat warga terjebak di dalam rumahnya.

“Mobil yang terendam itu ada dua, INOVA sama CRV. Sedangkan satu lagi kendaraan jenis AVANZA yang sempat bergeser namun di ikat ke pohon pisang, dan 2 motor juga turut hanyut,” tuturnya.

Edi yang kesehariannya, mengelola kolam ikan itu mengaku, ikan emas dan nila garapnya pun ikut ludes terseret banjir.

Edi menilai, banjir kali ini diperkirakan dua kali lipat lebih besar dibanding tahun lalu. Pasalnya sekitar jam 10.00 malam itu air sudah surut, sedangkan banjir kali ini malah masih deras hingga malam.

“Dulu juga sempat banjir gini, tapi jam segini air sudah mulai surut. Beda sama banjir sekarang, dua kali lipat lebih besar dari banjir tahun kemarin” ujarnya,

Pantauan IniSumedang.Com di lokasi kejadian, tampak sejumlah tim dari BPBD Kabupaten Sumedang masih melakukan evakuasi korban yang terjebak banjir, juga warga yang bergotong royong bersihkan rumah dari air dan lumpur yang mulai surut pada sekitar jam set 11 malam.