Sukses Kembangkan BUMdes, Desa Situraja Utara Didaulat Jadi Tempat Studi Komparatif

  • Bagikan

SITURAJA – Kepala Desa Situraja Utara Ico Suarsa beserta jajaran pengelola BUMDes Sugih Mukti baru-baru ini menerima kunjungan dari beberapa perwakilan para Kades, BPD, serta pengurus atau pengelola BUMDes yang ada di Kabupaten Sumedang untuk studi komparatif guna memotivasi mengembangkan Bumdes.

Konsistensi pengelolaan BUMDes Sugih Mukti di Desa Situraja Utara, Sumedang dalam mengembangkan produk layanan digital misalnya, membuat, Kades, badan perwakilan desa (BPD),dan BUMDes se-Kabupaten Sumedang kepincut.

PMeniru jejak sukses pengelolaan BUMdes Sugih Mukti ini, sedikitnya 60 perwakilan Pemdes, BPD dan pengelola BUMDes di Kabupaten Sumedang melakukan studi komparatif mulai dari memotivasi Kades, BPD dan pengelola BUMDes dan konsistensinya mengembangkan layanan digital yang kini telah meningkatkan nilai ekonomis.

Ditemui, Rabu pekan lalu, Kades Situraja Utara Ico Suarsa membenarkan bahwa kedatangan 5 perwakilan Kecamatan yakni Kecamatan ,Situraja, Cisitu, Darmaraja, Wado, dan Cibugel. Kelima utusan Kecamatan tersebut medapatkan tugas dari DPMPD Sumedang.

Baca Juga : Pasca Idul Fitri, Waspada Lonjakan Covid-19

Tujuannya untuk melakukan studi komparatif terkait pengembangan BUMDes.

“Minat para perwakilan Kades, BPD dan pengelola BUMDes, alhamdulillah sangat antusias mendengarkan pengalaman dari masing-masing nara sumber,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk pendekatan sebelumnya Desa Situraja Utara melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat.

“Ini yang menjadi bagian pentingnya, yakni BUMDes yang dipercaya oleh warga. Sehingga masyarakat semakin yakin dan tidak perlu khawatir karena sudah dijamin oleh BUMDes,” terangnya.

  • Bagikan