Banner Iklan bjb

Ribuan KK di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat Dapat BSPS

Ribuan KK di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat Dapat BSPS

BANDUNG – Sebanyak 3.000 KK (Kepala Keluarga) di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat mendapat BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya).

Progran yang bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu secara simbolis diberikan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun A Syamsurijal.

Cucun mengatakan program BSPS ini merupakan administered prices pemerintah berupa bantuan subsidi perumahan untuk perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu).

“Di Kabupaten Bandung sendiri tercatat masih ada sekitar 45.000 rutilahu yang harus direhabilitasi secara bertahap. Maka dibantu melalui program BSPS,” ungkapnya.

Lebih jauh, Legislator asal Kabupaten Bandung itu berharap. Penyaluran program BSPS dari KemenPUPR ini dapat langsung dirasakan warga dan juga tepat sasaran.

“Setiap penerima manfaat diberi bantuan stimulan senilai Rp20 juta. Memang ini saya ajukan berdasarkan aspirasi ke pemerintah pusat untuk warga di dapil saya,” ujar Cucun.

Anggota Komisi III DPR RI ini mengingatkan para pendamping BSPS. Untuk melakukan pengawasan ketat dalam realisasi proses perbaikan rehab rutilahu milik dari warga.

“Kalau memang ada kasus pemotongan dana BSPS oleh oknum tidak bertanggung jawab laporkan saja ke aparat penegak hukum atau pihak kepolisian,” tegas Cucun.

Disatu sisi, lanjut Ketua Fraksi PKB DPR RI itu mengatakan. Pemerintah daerah seperti Pemkab Bandung juga sedang gencar merenovasi rutilahu warga kurang mampu. 

“Tahun 2022 ini saja ditargetkan 7.000 rutilahu direhab di Kabupaten Bandung. Karena itu saya bantu dengan program lain yakni BSPS ini,” ucap Cucun menegaskan.