Rakor Forkopimda, Bupati : Waspada dan Siaga Penyebaran Covid-19, Antisipasi Ketersediaan Pangan

  • Bagikan

KOTA – Dalam rangka Akselerasi Penyelesaian Tol Cisumdawu dan membahas siaga penanganan Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, bertempat di Gedung Negara Kabupaten Sumedang. Rabu, (16/06/2021)

Rakor ini dihadiri oleh Bupati Sumedang, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Kemenko Marves), Unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Kepala Kemenag Kabupaten Sumedang, Kepala Kantor BPN ATR, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Satuan Kerja Lintas SKPD dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM menyampaikan pengantar rapat yang pertama berkaitan dengan akselerasi pembangunan jalan Tol Cisumdawu.

“Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ini sudah berlangsung sangat lama. Saat ini, untuk lahan Cisumdawu I hampir 90% lebih sementara Cisumdawu II baru 53%. Maka perlu dilakukan koordinasi tim percepatan jalan tol, karena target kita Desember 2021 bisa selesai dan sekarang harus ada akselerasi dalam pembebasan lahan dengan melakukan edukasi, pendekatan kemudian eksekusi,” ungkapnya.

Selanjutnya berkaitan dengan penanganan Covid-19, kata Bupati, Sumedang per hari ini ada 144 kasus positif aktif dan masih menunggu hasil PCR sekian ratus orang yang di khawatirkan akan terus bertambah.

“Saya sudah mengintruksikan kepada seluruh SKPD untuk lebih waspada dan siaga termasuk RS agar membuat skema alternatif jika terus terjadi lonjakan serta harus dilakukan antisipatif terutama berkaitan dengan ketersediaan pangan” tambahnya.

Baca Juga : Bupati Terima Kunjungan Pengurus Cabang Pencak Silat NU Pagar Nusa

Selain itu Bupati menghimbau agar Perketat lagi perizinan, Razia ke lapangan terus diintensifkan terkait prokes, Forkopimcam lakukan patroli kewilayahan dan Pastikan PPKM mikro berjalan efektif di setiap desa.

“Kemudian Satgas Covid-19 harus mobile bagi SKPD yang memiliki binaan pastikan semuanya menjalankan prokes dengan baik, masifkan kembali sosialisasi melalui woro-woro, dan pastikan seluruh tempat ibadah menjalankan prokes dengan baik’. Ucapnya.

Bupati juga meminta agar melakukan penyemprotan disinfektan di tiap SKPD, Pasar, Fasilitas Umum dan tempat-tempat lainnya.

“Tingkatkan tracking, tracing, testing dan treatmentnya agar cepat melokalisir penyebaran Covid-19”. Kata Bupati

  • Bagikan