Permasalahan Banjir Akibat Tol Cisumdawu di Sakurjaya Sumedang Segera Ditangani

  • Bagikan
Banjir Akibat Tol Cisumdawu

INISUMEDANG.COM – Permasalahan banjir akibat terdampak proyek Jalan Tol Cisumdawu, yang merendam pemukiman warga di Dusun Cilega, Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, dipastikan segera tangani.

Kepastian ditanganinya permasalahan banjir di Desa Sakurjaya tersebut, disampaikan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, M Yusup Sahruloh, Senin, (29/11/2021).

Menurutnya, penanganan banjir akibat pembangunan Tol Cisumdawu di Desa Sakurjaya tersebut, akan dilakukan langsung oleh Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku pelaksana pembangunan.

“Insya Allah, rencana penanganan dan pencegahan bencana banjir ini, telah disampaikan langsung oleh pihak CKJT, pada saat menerima kunjungan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, beberapa hari lalu,” ujar Yusup.

Diakui Yusup, jika banjir yang terjadi di wilayah Desa Sakurjaya tersebut, disebabkan karena adanya luapan air dari lokasi proyek Tol Cisumdawu, karena salurannya tertutup.

“Pa Bupati telah meninjau secara langsung ke lokasi bencana. Peninjauan sendiri dilakukan guna memastikan kondisi masyarakat yang terdampak banjir,” tutur Yusup.

Tindak lanjut peninjauan lokasi banjir itu, Yusup menuturkan, jika Bupati langsung berkoordinasi dengan stakeholder terkait, supaya permasalahan banjir di Dusun Cilega Desa Sakurjaya segera ditangani.

Hasilnya, sambung Yusup, Deputi III Kemenko Marves meninjau langsung ke lokasi banjir terdampak tol Cisumdawu di Dusun Cilega Desa Sakurjaya, dalam rangka monitoring pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), sekaligus percepatan penyelesaian permasalahan lahan di Seksi 4-5 dan koordinasi percepatan penanganan banjir Sungai Cipelang Kecamatan Ujungjaya.

“Hasil monitoring Deputi III Kemenko Marves itu, CKJT telah menyatakan kesiapannya untuk melakukan penanganan banjir di wilayah yang terdampak Proyek Tol Cisumdawu,” ucap Yusup.

Sementara upaya yang akan dilakukan pihak CKJT dalam penanganan banjir tersebut, lanjut Yusup, yaitu dengan membuat rekayasa teknis saluran pembuangan air ke alur Sungai Cipelang yang akan dibantu oleh BBWS Cimanuk – Cisanggarung.

“Melalui rekayasa saluran ini, diharapkan air yang masuk ke pemukiman penduduk, nantinya bisa normal kembali dan mengalir ke aliran Sungai Cipelang,” kata Yusup menegaskan.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, Ia meminta kepada warga terdampak Tol Cisumdawu di wilayah Desa Sakurjaya, agar bersabar, karena masalah banjir di daerah tersebut, sebentar lagi akan segera ditanggulangi.

  • Bagikan