Penyebaran Covid-19 Masih Belum Terkendali, Kembali Mudik Dilarang

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Tahun ini pemerintah kembali melarang mudik lebaran, hal ini dilakukan untuk kebaikan semua, karena situasi penyebaran pendemi Covid-19 yang sampai saat ini belum terkendali di Indonesia. Hal tersebut disampiak Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo saat mengukuhkan Polsek Sukasari, Senin (12/4/21).

Menurut Kapolres, total kasus Covid-19 di indonesia per 11 april saat ini mencapai 1.562.868 orang dengan penambahan kasus positif dalam 24 jam terakhir mencapai 4.723 orang.

“Dari data tersebut membuat Indonesia kembali naik peringkat menjadi 20 tertinggi kasus konfirmasi di seluruh dunia. Pemerintah saat ini masih berjuang keras mengurangi laju penyebaran Covid-19 melalui kegiatan 3T (testing, tracing dan treatment)”. Ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, pemerintah telah menetapkan target vaksinasi kepada rakyat Indonesia sejumlah 181.554.565 jiwa.

“Adapun yang sudah mendapatkan vaksinasi suntikan dosis pertama saat ini adalah sejumlah 9.955.433 jiwa sedangkan yang sudah lengkap mendapat suntikan dosis kedua sebanyak 5.050.524 jiwa”. Ucapnya.

Kapolres menjelaskan, dari total target vaksinasi untuk vaksinasi dosis pertama baru tercapai 5,48 % dan untuk yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua adalah 2,78 %. bila melihat data tersebut tidak ada alas an bagi polri hingga ke level polsek untuk tetap menggelorakan semangat dan melaksanakan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

“Sampai saat ini kita belum dapat memprediksi kapan masa pandemi ini akan berakhir. Tekanan ekonomi terhadap masyarakat masih akan terus kita alami yang tentunya hal ini akan berkorelasi dengan peningkatan gangguan kamtibmas. jajaran polres sumedang, termasuk polsek sukasari di dalamnya haruslah dapat beradaptasi dengan kondisi ini secara tegas namun bijak”. Jelasnya.

Kapolres menambahkan, berikan keteladanan kepada masyarakat dalam menegakkan prokes sekaligus berikan inovasi dan solusi dalam meningkatkan ketahanan pangan maupun himpitan tekanan ekonomi secara proporsional.

“Kedepan kita akan menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan, mari kita ciptakan kondisi kamtibmas yang mendukung pelaksanaan ibadah ramadhan yang khusyu dan sesuai dengan prokes”. Katanya.

Tingkatkan semangat saling berbagi melalui sedekah dan zakat di bulan ramadhan sebagai salah satu empati kita terhadap kondisi masyarakat saat ini. hal hal yang biasa dilakukan sebelum adanya pendemi Covid-19, seperti sahur on the road dan berbuka puasa dengan jumlah massa yang banyak sebaiknya tidak lakukan. salurkan sedekah anda melalui badan dan institusi yang sudah di sediakan pemerintah.

“Silahkan saudaraku semua tahun ini kembali kita laksanakan puasa beserta ibadah penyerta lainnya bersama keluarga di rumah, termasuk juga dengan tradisi mudik lebaran kembali tahun ini pemerintah melarangnya. hal ini dilakukan untuk kebaikan kita semua dan keluarga di daerah tujuan mudik, karena situasi penyebaran pendemi Covid-19 yang sampai saat ini belum terkendali di Indonesia”. Tutur Kapolres.

  • Bagikan