Pandemi Corona, IMI Sumedang Minta Jangan Ada Balapan Liar

  • Bagikan
Yudi Purwana, S.Pd.,M.Pd
Yudi Purwana, S.Pd.,M.Pd. Ketua Koordinator Wilayah Ikata Motor Indonesia (Korwil IMI) Sumedang

INISUMEDANG.COM – Di tengah pandemi wabah virus Corona baru (COVID-19), sejumlah remaja malah diduga melakukan aksi balapan liar di dekat tol Cisumdawu belum lama ini.

“Para remaja ini melakukan balapan liar dengan motor pada Sabtu 24 Juli lalu di seputar kawasan Tol Cisumdawu yang berlokasi sekitar wilayah kecamatan Tanjungsari-Pamulihan. Mereka bukan berdiam diri di rumah di tengah wabah Corona, malah ramai-ramai balapan liar,” kata Ketua Yudi Purwana, S.Pd.,M.Pd. Ketua Koordinator Wilayah Ikatan Motor Indonesia (Korwil IMI) Sumedang kepada media ini, Senin (27/7/2021).

Para remaja ini, sambung Yudi, merupakan generasi bangsa yang  punya potensi bila disalurkan ke hal  yang positif. Kepada para orangtua  jagalah anak-anaknya.

“Kami berharap peran orang tua untuk mengawasi anak-anaknya. Jangan terlibat ikut balapan liar, apalagi ini dalam kondisi wabah virus Corona. Peran orang tua sangat kami harapkan untuk ikut mendidik anaknya,” kata Yudi.

Lebih jauh Yudi mengatakan, salah satu fenomena yang marak terjadi adalah umumnya sekumpulan remaja yang  melakukan balapan liar. Sehingga, keberadaan budaya balapan liar kalau dibiarkan berkembang akan menjadi salah satu bentuk konflik ditengah masyarakat.

“Jadi, perlu dicegah secara dini,  perlu langkah untuk pencegahan sedini mungkin agar tidak menimbulkan keresahan ditengah masyarakat,” katanya.

Penyebab remaja mengikuti balapan liar diantaranya yakni tidak adanya kesempatan dalam menyalurkan minat, bakat dan ekpresi terkait kegemaran mengendarai motor dan berbagai hal lainnya.

“Secara umum bisa dikarenakan karena rasa kesenangan, penasaran dan ingin memacu adrenalin sehingga balap liar ini bisa menjadi suatu hobi. Apalagi, keterbatasannya fasilitas sirkuit untuk balapan,” katanya.

Karena itu, perlu langkah terhadap menyelenggaraan khusus pelajar, antara lain road race, motor cross, modification contest. Selain itu, perlu diberikan difasilitasi  Sapras yang memadai.

“Kami juga  berharap kepada  pemerintah membantu menfasilitasi sarana dan prasana yang memadai,” harapnya

  • Bagikan