Banner Iklan bjb

Muncul Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5, Polresta Bandung Imbau Warga Disiplin Prokes

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo

BANDUNGPolresta Bandung mengimbau para warga yang ada di Kabupaten Bandung untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas di luar. Pasalnya, di tengah pemerintah memberikan kelonggaran dalam hal penggunaan masker di ruang terbuka kini muncul subvarian baru virus Covid-19 Omicron BA.4 dan juga BA.5.

“Kami harap tetap jaga prokes terutama mengenakan masker walaupun pemerintah telah memberi kelonggaran,” kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo.

Dari laporan yang diterimanya, Kusworo menyebut Kabupaten Bandung memasuki level 2 penerapan PPKM dimana kasus aktif Covid-19 saat ini mengalami peningkatan.

“Informasi dari jajaran Dinas Kesehatan, ada peningkatan kasua walau tidak signifikan. Data terakhir ada 64 kasus aktif Covid-19 di wilayah Kabupaten Bandung,” ungkapnya.

Sebagian besar kasus aktif Covid-19 saat ini, kata Kapolresta Bandung, merupakan varian baru Omicron. Warga yang terinfeksi diduga tertular usai melakukan perjalanan luar kota.

“Dengan adanya peningkatan kasus Covid-19 tersebut, kami anjurkan lagi agar seluruh warga dapat menjaga protokol kesehatan khususnya mengenakan masker,” tuturnya.

Selain itu, Kusworo juga meminta warga yang ada di Kabupaten Bandung segera melakukan penyuntikan vaksin penguat booster bagi yang telah dua kali disuntik.

“Jengan anggap remeh, penerapan prokes bisa mengurangi risiko terpapar Covid-19. Vaksin juga bisa memperingan gejala yang timbul saat terpapar,” katanya menandaskan.

Dari informasi yang dihimpun, subvarian Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5 terdeteksi di Jawa Barat. Berdasarkan laporan Pusat Informasi & Koordinasi Covid-19 Jawa Barat

Subvarian Covid-19 Omicron BA.4 sendiri diketahui sudah dilaporkan 6.903 kasus di 58 negara. Untuk subvarian Omicron BA.5 sudah dilaporkan 8.687 kasus di 63 negara.