Banner Iklan bjb

MTQ ke-37 Tingkat Jabar di Sumedang Jadi Pintu Rezeki Bagi Pelaku UMKM

Seorang pelaku UMKM dari Koperasi Mitra Tani Jatigede Didi Cardiman

INISUMEDANG.COM – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Sumedang menjadi pintu rezeki bagi para pelaku UMKM.

Salah satu pelaku UMKM dari Koperasi Mitra Tani Jatigede Didi Cardiman mengatakan. Acara seperti ini tentunya cukup membantu para UMKM dan sebagai pintu rezeki khususnya yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Dengan adanya acara seperti ini tentunya menjadi ladang rezeki tersendiri bagi para petani seperti saya. Sehingga dapat juga bisa mengenalkan produk lokal kepada masyarakat luar daerah,” kata Didi saat ditemui IniSumedang.Com di standnya, Sabtu malam (25/6/2022).

Meski demikian, kata Didi, produknya hanya ramai dikunjungi pembeli pada saat
acara pembukaan dan pada hari Jum’at kemarin (24/6/2022).

“Ramai hanya pas acara awal dan kemarin, karna kemarin Jum’at banyak peserta yang pulang. Jadi mereka membeli oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halamannya,” ungkapnya.

Berbeda dengan Ma’mun penjual sovenir asal bogor yang jauh-jauh datang ke Sumedang untuk menjual produknya di acara MTQ ke-37 Tingkat Jawa Barat ini.

Ma’mun mengaku, tidak begitu beruntung pada pelaksanaan MTQ ini, pasalnya barang dagangannya kurang pembeli.

“Sepi pak, pengunjungnya kurang, Hari ini rame tapi hanya lewat doang tidak beli produk kami” ungkapnya.

Adapun dalam pelaksanaan MTQ ke-37 Tingkat Jawa Barat ini. Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menggelar pameran dan Bazar yang diikuti oleh puluhan pelaku UMKM.

Dalam pameran dan bazar MTQ ini ditampilkan produk yang produk unggulan khas Sumedang. Baik itu makanan olahan makanan kering, kerajinan, busana dan lainnya.