Mengenang Perintis Jurusan Perikanan, Dies ke-16 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD

  • Bagikan

Oleh : Iis Rismawati   

Mengenang Perintis, Melihat Foto jadul diatas adalah foto pada tahun 1973 yang ditemukan ketika memilah arsip diprogram Studi Perikanan FPIK Unpad pada tahun 2014 dalam kegiatan laporan Diklat Arsiparis Tingkat ahli  yang diselenggarakan pertama kali di Unpad pada tahun 2014, untuk pengalih fungsian jabatan tertentu ke jabatan fungsional diantaranya jabatan fungsional arsiparis. Foto jadul ini sebagi arsip statis yang bernilai sejarah, mereka  berdiri semasa muda sebagai Alumni di Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran.

Jurusan Perikanan salah satu jurusan di Fakultas Pertanian Unpad pada tahun 2005 memisahkan diri menjadi  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan SK Rektor Nomor: 1198/J06/Kep/KP/2005 tanggal 7 Juli 2005. Kiprah perintis pendiri jurusan perikanan  membuat ingatan kolektif dan penghargaan sebagai tokoh. Perintis jurusan Perikanan merupakan orang yang sangat berjasa membangun jurusan menjadi  Fakultas, dari ke limabelas  tokoh ini merupakan alumni Unpad tahun 1970 an dan menjadi staf pengajar di jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Unpad.

Seiring waktu berjalan mengabdi untuk pengabdian, menulis  menjadi karya  sebagai warisan yang berharga,  menceritakan mereka adalah generasi yang sudah membingkai lukisan indah bermakna  tentang Perikanan, dari limabelas perintis  tersebut dari kiri ke kanan adalah :

  1. Ir. Gunawan Setiadharma, lahir di Kuningan pada tanggal 7 November 1946, sebagai   dosen tetap  pengajar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan saat ini sudah Purnabakti.
  2. Prof.Sukaya Sastrawibawa, Ir., SU, Tercatat Guru Besar yang lahir pada tanggal 12 November 1945 ini menyelesaikan studi Sarjana di Fakultas Pertanian Unpad tahun 1973, Magister Sains di Universitas Gadjah Mada tahun 1984, dan Program Doktor di Unpad. tahun 1997. Almarhum merupakan Guru Besar dalam bidang ilmu  Akuakultur di FPIK Unpad.
  3. Ir. Suryadi., MS , lahir di Kuningan 23 November 1946 sebagai dosen tetap Jurusan Perikanan dan pada  periode tahun 2005-2009 menjabat sebagai Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan di Fakultas Perikanan dan Ilmu kalautan Unpad dan juga sebagai pengampu Mata Kuliah Teknik Penangkapan Ikan, sekarang sudah Purnabakti.
  4. Ir. Komar  Partagunawan.,MS sebagai Alumni Fakultas Pertanian  tahun 1971 dan  Almarhum Dosen tetap di Jurusan Periakanan pangampu  mata kuliah Teknologi Pengolahan Ikan
  5. Ir, Nike Gantika tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian  alumni tahun 1974.sebago motivator dari teman temannya sebagai tenaga pengajar.
  6. Dr. Ir. Amin Setiawan.,MS, adalah alumni Fakultas Petanian tahun 1972, Almarhum  seorang dosen jurusan perikanan yang sangat rajin dalam memberikan bimbingan terhadap mahasiswa dan sebagai pangampu mata kuliah statistik.
  7. Dr. Ir. Syamsudin  AR, Almarhum adalah dosen tetap di Jurusan Perikanan pangampu mata kuliah Akuakultur dan sebagai alumni Fakultas Pertanian tahun 1973.
  8. Prof. Dr. Dulmiad Iriana, Tercatat Guru Besar yang lahir di Subang. 17 September 1945 ini menyelesaikan studi Sarjana di Fakultas Pertanian Unpad tahun 1971,dan Program Doktor di Unpad 09 Oktober 1982 merupakan Guru Besar pada Mata Kuliah Navigasi Perikanan, Pengantar Ilmu Perikanan dan Metode Penangkapan Ikan di FPIK Unpad, sekarang sudah Purnabakti
  9. Ir. Iyay Suhaya.,MS. Sebagai dosen tetap Perikanan dan  Almarhum  adalah  pendiri kolam percobaan Ciparanje pada tahun 1996, pada saat ini kolam Ciparanje digunakan sebagai kolam pembenihan, pemeliharaan dan pengembangan teknologi biota air tawar
  10. Dr. Ir. Sutandar Zenal.,MS , Almarhum  sebagai perintis jurusan Perikanan di Fakultas Pertanian Unpad dan pengampu Mata Kuliah Ekotoksikologi Perairan.
  11. Prof. Dr. Ir H. Otong Suhara Djunaedi., MS Tercatat Guru Besar  lahir di  Bandung, 14 Maret 1945 yang dikukuhkan pada tahun 2003 sebagai   Guru Besar dalam bidang ilmu Manajemen Sumber daya Perairan , menyelesaikan studi Sarjana di Fakultas Pertanian Unpad memperdalam ilmunya dalam bidang Pengelolaan Sumber daya Perairan  dan Lingkungan dengan mengambil gelar master pada tahun 1983 dan doktor pada tahun 1991, yang keduanya didapat dari Institut Pertanian Bogor, sekarang sudah Purnabakti
  12. Prof. Dr. Ir. Bachrul Hajat,MS. MS Tercatat Guru Besar  dan  Dekan Fakultas Perikanan dan  Ilmu Kelautan  Universitas Padjajaran periode Tahun  2005-2009   Perintis jurusan perikanan  ini  sangat rajin menulis buku diantaranya  adalah Perairan Umum dan Kelautan, Air dalam Perspektif Islam dan Ilmu Pengetahuan. Bidang Ilmu Perairan (Aquatic Sciences),   meraih gelar Magister di Institut Pertanian Bogor tahun 1985,   kursus singkat tentang Ekologi Perairan Terapan di Reading University, Inggris, tahun 1991, sekarang beliau sudah Purnabakti.
  13. Prof. Dr Ir. Maman Herman.S.,M.Si, Almarhum Tercatat Guru Besar  dan pernah menjabat struktural sebagai  Pembantu Dekan II Bidang keuangan di  Fakultas Pertanian Unpad, Pembantu Dekan II Bidang Keuangan di Fakultas Perikanan dan  Ilmu Kelautan  Unpad  periode Tahun  2005-2009, dan sebagai alumni Tahun 1974 Fakutas Pertanian Unpad.
  14. Prof.Dr.Ir Masjamsir.,MS, beliau adalah Guru Besar yang sangat baik semasa tugasnya  pernah menjabat strukturall sebagai Pembantu Dekan I bidang Kemahasiswaan di Fakultas Perikanan dan  Ilmu Kelautan  Unpad  periode Tahun  2005-2009, dan sebagai alumni Tahun 1972 Fakutas Pertanian Unpad, sekarang beliau sudah Purnabakti
  15. Ir. Sadeli Bachrudin .,MS, Almarhum tercatat sebagai dosen tetap di jurusan perikanan menngampu matakuliah Parasitologi.

Perintis Jurusan Perikanan menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang kita kenal FPIK Unpad saat ini adalah ibarat menanam karang yang kuat, menulis kembali diatas pasir yang terhempas omabak tanpa lelah.

Jurusan perikanan sekarang menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad mengijak usia ke-16, melalui perjalanan panjang adalah perjuangan perintis dilanjutkan  penerus yaitu para pemimpin, tenaga pendidik dan kependidikan yang akan membesarakan menjadi FPIK Dewasa dan Hebat.

Iis Rismawati adalah Arsiparis Tingkat Ahli di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran dan staf Sekretariat Program Studi Perikanan.

  • Bagikan