Masih Berdiri Tegak, Begini Kondisi Rumah Mantan Wakil Presiden RI Ke-4 di Situraja Sumedang

  • Bagikan
bekas rumah wapres RI ke4

INISUMEDANG.COM – Hanya berjarak sekitar 100 Meter dari alun-alun dan Kantor Kecamatan Situraja Sumedang bangunan rumah tempat dilahirkan dan dibesarkannya Mantan Wakil Presiden RI ke -4 Raden Umar Wirahadikusumah masih berdiri kokoh di pinggir jalan.

Rumah bekas Mantan Wakil Presiden RI yang berdiri diatas tanah seluas 150 Tumbak itu terletak di Jalan Raden Umar Wirahadikusuma No 2 Desa Situraja Utara Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang ini, kini didiami oleh keluarga Sanoesi dan Kusmiati (alm).

Sejak 1960 bangunan Rumah bekas Mantan Wakil Presiden RI yang bersejarah ini masih berdiri kokoh tidak pernah direhab.

Menurut penuturan Ratna Rika Wati (53), rumah Mantan Wakil Presiden RI yang kini didiaminya masih asli dan hanya sebagian kecil dibelakang rumah yang direhab karena rusak.

“Rumah ini masih asli hanya yang di sebelah belakang yang di betulin karena rusak,” kata Ratna saat ditemui Rabu (12/1/2022).

Ia mengatakan, Rumah bekas Mantan Wakil Presiden RI memang masih dipertahankan keasliannya sampai saat ini.

Nuansa arsitektur jaman dulu memang sangat kental dari rumah Mantan Wakil Presiden RI yang didirikan pada tahun 1960 tersebut. Hal itu tampak dari bentuk bangunan serta ketebalan dindingnya.

“Kamar-kamarnya juga masih besar-besar termasuk kamar pak Umar. Temboknya juga masih kokoh karena menggunakan bahan batu yang diperkirakan sudah berumur puluhan tahun,” ujar Ratna.

Menurutnya, nilai sejarah rumah ini tak bisa digantikan dengan apapun sebab merupakan suatu kebanggaan bisa menempati rumah Mantan Wakil Presiden RI yang bersejarah ini

“Kami berupaya menjaga nilai histori agar tetap lestari,” katanya.

Ia berharap kepada pemerintah untuk ikut mendukung rumah Mantan Wakil Presiden RI bersejarah ini.

“Saya berharap perhatian dari pemerintah supaya menjadikan rumah ini menjadi bagian dari sejarah,” harapnya.

  • Bagikan