Banner Iklan bjb

Kasus Narkotika dan Perlindungan Anak Paling Dominan Terjadi di Sumedang Sepanjang 2022

Plt Kajari Sumedang Lila Nasution didampingi Bupati Sumedang, Kapolres dan Dandim 0610/Sumedang saat melakukan pemusnahan barang bukti Kejaksaan Negeri Sumedang.

INISUMEDANG.COM – Kasus narkotika, perlindungan anak serta kasus penganiyaan paling dominan terjadi sepanjang tahun 2022 di Kabupaten Sumedang.

Demikian disampaikan Plt Kepala Kejaksaan Negeri Sumedang Lila Nasution usai kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Kejaksaan Negeri Sumedang Januari 2022 sampai Juli 2022 di Halaman Belakang Pusat Pemerintahan Sumedang, Selasa 2 Agustus 2022.

Menurutnya, tingginya kasus narkotika, kekerasan anak serta kasus penganiyaan ini terjadi dalam kurun waktu Bulan Januari hingga Juli 2022.

“Iya berdasarkan kasus yang ditangani, hingga saat ini ketiga kasus tersebut masih paling dominan terjadi,” ujarnya.

Adapun sejumlah barang bukti yang dimusnahkan pada hari ini, lanjut Lila Narkotika, Psikotropika dan Obat-obatan Terlarang sebanyak 26 Perkara.

“Hari ini kami musnahkan 2,1 gram tembakau gorila, 65,19 gram sabu. Serta 4903 obat terlarang, seperti Tramadol HCI dan Dextro,” tuturnya.

Tak hanya itu, tambah Lila, barang bukti lainnya juga yang turut dimusnahkan yaitu, ponsel, senjata tajam dan sebuah airsoft gun.

“Pemusnahan ini terlampir dalam berita acara pemusnahan, yang pada amar putusan pengadilan dirampas untuk dimusnahkan dan telah mempunyai kekuatan hukum tetap sebanyak 38 perkara,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan. Pihaknya sangat mendukung atas adanya segala bentuk penindakan tindak pidana termasuk pemusnahan barang bukti ini.

“Sejumlah kasus yang terjadi di Sumedang, seperti apa yang disampaikan Bu Kajari. Tentunya menjadi catatan kami, sebagai referensi untuk mengambil program kebijakan Pemda Sumedang,” ucapnya.

Nantinya, tambah Dony, program atau kebijakan yang akan diambil oleh Pemda. Yaitu untuk meminimalisasi terjadinya tindak pidana atau kejahatan di Sumedang.

Hadir dalam pemusnahan Barang Bukti Kejaksan Negeri Sumedang Januari 2022 sampai Juli 2022 tersebut Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti, Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan dan pejabat penting lainnya.