Jubir RSUD Sumedang: Pasien Covid-19 Keluar Ruang Isolasi Memanfaatkan Pintu Tak Terkunci

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Juru bicara Satgas Covid-19 RSUD Kabupaten Sumedang, Iman Budiman menegaskan terkait pasien positif Covid-19 yang sempat keluar ruang isolasi memanfaatkan pintu yang kondisinya terkunci, karena pada kesempatan itu akan dilakukan persiapan untuk Swab Tes.

“Jadi ketika pintu tidak terkunci, karena petugas sedang mempersiapkan Swab Tes, si pasien itu keluar dengan memanfaatkan pintu itu. Karena untuk ruang isolasi itu sudah diperketat termasuk memasang tralis di jendela,” ujarnya pada sejumlah wartawan di RSUD Sumedang, Jumat (30/4/2021).

Iman menuturkan, pasien itu merupakan warga asal Kecamatan Rancakalong, yang hasil Rapid Antigen nya positif Covid-19 dan baru masuk pada Jumat dini hari, sekitar pukul 1.30 WIB.

“Jadi pasien ini, positif Covid-19 hasil Rapid Antigen dan ketika akan dilakukan swab tes, pasien keluar ruang isolasi memanfaatkan pintu Pasien baru masuk,” ujarnya.

Iman juga menegaskan, kalau pasien tersebut, hanya keluar dari ruang Isolasinya saja dan tidak keluar dari kawasan RSUD Sumedang. Dan pada saat ini pasien sudah berhasil dikembalikan ke Ruang Isolasi untuk mendapatkan perawatan kembali.

“Kami dari jajaran RSUD meminta maaf atas kehebohan akibat keluarnya pasien Covid-19 ini. Dan kami memastikan pasien tidak keluar dari kawasan RSUD, karena berkat kesigapan para petugas, pasien dapat kembali diamankan,” jelasnya.

Iman menambahkan, standar penanganan pasien Covid-19 di RSUD Sumedang sudah dilakukan dengan sangat ketat. Namun, karena faktor tertentu pasien tadi bisa keluar.

“Alhamdulillah, kehebohan tersebut tidak menggangu pasien lainnya yang sedang dilakukan perawatan,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Suasana heboh terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang, pasalnya salah satu pasien diduga Positif Covid-19 kabur dari ruang Isolasinya, sekitar Pukul 09.30 WIB pagi.

“Soak ih, rame kieu di RSUD pasien positif Covid-19 lagi diburu oleh para perawat karena melarikan diri saat sedang diisolasi,” kata salah seorang warga yang sedang menunggu saudaranya dirawat di RSUD Sumedang, kepada wartawan melalui pesan WhatsApp.

Warga juga menuturkan, pasien yang informasinya sedang menjalani isolasi karena positif Covid-19 ini, kabur dengan kondisi badannya yang masih menempel alat kesehatan dan mengenakan Pampers.

“Si pasien juga tampak melakukan perlawanan kepada para perawat yang mau menangkapnya, dan menantang dengan mengeluarkan jurus siltanya. Namun, karena kondisinya udah lemah pasien akhirnya roboh dan diamankan oleh satpam RSUD, mungkin dia stress,” ucapnya.

Awalnya, tambah warga, suasana heboh di RSUD itu dikira ada copet, namun ternyata pasien Covid-19.

“Warga yang lagi di dalam kawasan RSUD Sumedang, sempat heboh, dan pada panik,” tandasnya.

  • Bagikan