Hujan Anugerah Terbaik Dari Allah

H. Dadang Setiawan, S.Ag.,MSi
Dadang Setiawan, S.Ag.,MSi, Lurah Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara juga Pimpinan Ponpes Ashabul Kahfi H.

Oleh : H. Dadang Setiawan, S.Ag.,MSi

Hujan merupakan anugerah terbaik yang Allah berikan kepada seluruh makhluk Allah termasuk didalamnya manusia. Dari hujan bermunculan berbagai mata air mengalir yang menghidupkan bumi dan seisinya.

Allah menurunkan hujan dengan maksud dan tujuannya :

  1. Hujan adalah Rahmat Allah hal itu tertera dalam Q.S Asy syura ayat 28. Dialah Allah yang menurunkan hujan setelah mereka putus asa dan Allah menebarkan Rahmat Nya di muka bumi Dan Dia lah Maha Pelindung dan Maha terpuji. Ayat diatas mengisyaratkan dengan tidak turun hujan maka akan putus asa dan dengan turunnya hujan Allah turunkan rahmat Nya
  2. Hujan adalah keberkahan Q.S Qof ayat 9 Dan Kami turunkan dari langit air ( hujan )  menjadi berkah, maka Kami tumbuhkan dengan air hujan kebun kebun dan biji bijian yang dipanen. Mustahil manusia bisa hidup tanpa air hujan yang membawa keberkahan bagi kehidupan manusia makanan dan minuman ada dan jadi karena air hujan
  3. Hujan adalah rezeki termaktub dalam Q.S Al baqaraha : Sapi Betina (Al-Baqarah) : 22 – Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

Dari penjelasan singkat diatas menunjukan bahwa hujan anugerah terbaik Allah Kewajiban manusia adalah memperbaiki mind set / pola pikir, dan hati agar husnudzon pada Allah jangan sampai berburuk sangka kepada Allah, dengan turunnya hujan hal ini penting karena berkaitan dengan keimanan . Semoga Allah menurunkan hujan menjadi anugerah bukan malapetaka.

Penulis adalah Lurah Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara, juga Pimpinan Ponpes Ashabul Kahfi