Banner Iklan bjb

DPD Golkar Sumedang Berikan Bantuan Rumah Kontrakan Bagi Korban Banjir Bandang

Bantuan Rumah Kontrakan
DPD Golkar Sumedang Berikan Bantuan Rumah Kontrakan Bagi Korban Banjir Bandang di Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung.

INISUMEDANG.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sumedang bersama para bakal calon dewan dapil 5 (Jatinangor Cimanggung) diantaranya Asep Kurnia, Wendi Irawan, Dadan Wardana, Yudi Hamdansyah, Nasev Dedin Suparman memberikan bantuan rumah kontrakan untuk korban yang mengungsi akibat bencana banjir bandang di Dusun Cisurupan Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Minggu (25/12/2022).

Ketua DPD Partai Golkar Sumedang, Jafar Sidik mengatakan. Bantuan itu seiring habisnya masa tanggap darurat dan sebagian korban sudah kembali ke rumah masing-masing. Sementara korban banjir bandang yang rumahnya hancur dan rata dengan tanah belum mendapatkan rumah relokasi. Sehingga, DPD Partai Golkar Sumedang bersama Fungsionaris Partai Golkar di dapil 5 berinisiatif untuk memberikan bantuan kontrakan rumah.

“Ya hari ini kita bersama para calon dewan di dapil 5 memberikan sedikit bantuan bagi korban bencana terdampak banjir bandang di Desa Sawahdadap Cimanggung. Seperti kami ketahui bahwa ada 9 orang warga yang rumahnya rusak berat dan bahkan rata dengan tanah. Jadi, sebelum ada relokasi rumah dari pemerintah daerah, kami berinisiatif memberikan kontrakan rumah bagi 9 KK,” ujarnya kepada wartawan usai menyerahkan bantuan kepada korban, Minggu (25/12/2022).

Bhakti Sosial Fungsionaris Partai Golkar Dapil 5 Sumedang

Menurutnya, bantuan ini dalam rangka Bhakti Sosial Fungsionaris Partai Golkar Sumedang di dapil 5 kepada korban bencana. Tak hanya memberikan bantuan kontrakan rumah, tetapi jauh jauh hari memberikan bantuan sembako, alat-alat perkakas untuk bekerja bakti, dan santunan uang bagi korban bencana. Berharap, kejadian bencana ini yang terakhir di Sumedang dan kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah agar secepatnya menyediakan tempat relokasi baik bagi korban bencana maupun kepada rumah yang terdampak. Kalau seluruhnya ada sekitar 378 jiwa yang mengungsi, namun yang paling parah ada 9 KK. Makanya, kami memprioritaskan yang 9 KK ini karena rumahnya sudah tidak ada,” paparnya.

Sementara itu, Kades Sawahdadap Suganda didampingi Sekdes Inka Zakiyah mengatakan status tanggap darurat di Sawahdadap telah selesai dan sekarang memasuki transisi darurat. Seperti sedang pemulihan daerah dan pembersihan saluran air serta rumah warga yang terkena dampak banjir bandang Sawahdadap.

“Korban yang paling parah terdampak ada 9 KK terdiri dari 4 KK terbawa arus dan 5 KK rusak berat tidak bisa dihuni, kalau totalnya ada 25 jiwa. Alhamdulilah bantuan rumah kontrakan bagi korban terdampak banjir bandang dari Partai Golkar ini semoga bermanfaat,” ujarnya.

Warga Penerima Bantuan

Kades berharap, bantuan itu bisa dimanfaatkan oleh warga terutama mereka yang rumahnya rusak berat. Kades pun berpesan agar pemerintah daerah cepat menyediakan relokasi rumah dan pembenahan lokasi bekas banjir bandang karena khawatir akan terjadi bencana lagi.

“Kalau bisa untuk penanganan bencana secepatnya, warga kami merasa was was bila hujan turun lama,” ujarnya.

Adapun, kata Kades warga-warga yang menerima bantuan kontrakan rumah diantaranya:

  1. Jaja (69) Dusun Cisurupan RT 03 RW 10
  2. Neni (24) Dusun Cisurupan RT 04 RW 10
  3. Irfan Musum Budiman (34) Dusun Cisurupan RT 03 RW 10
  4. Maman Ceper (51) Dusun Cisurupan RT 03 RW 010
  5. Nanang Rahmat (43) Dusun Cisurupan RT 02 RW 010
  6. Dedi Mulyadi (44) Dusun Cisurupan RT 02 RW 10
  7. Eman Hidayat (44) Dusun Cisurupan RT 04 RW 010
  8. Handri Sobari (31) Dusun Cisurupan RT 02 RW 010
  9. Rukmini (73) Dusun Cisurupan RT 04 RW 010.
Penulis: Iman NurmanEditor: Acep Sandi