Dihadiri 45 Kerajaan, Festival Adat Kerajaan Nusantara Dipastikan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Radya Anom Keraton Sumedang Larang, Rd. Luky Djohari Soemawilaga sekaligus Steering Committee (SC) memastikan akan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat pada kegiatan Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) yang terpusat di Keraton Sumedang Larang dan halaman Gedung Negara (GN) Sumedang pada 28 hingga 29 September 2021 ini.

Selain itu, pihak Keraton Sumedang Larang juga membatasi beberapa agenda kegiatan FAKN ini. Bahkan dilakukan secara virtual dan sebagian besar rangkaian acara digelar secara daring.

Lebih lanjut Lucky menuturkan, kegiatan FAKN dihadiri oleh 45 raja dari berbagai daerah se-Nusantara atau kerajaan yang memiliki sejarah dan sudah terverifikasi. Dimana nantinya akan dilakukan musyawarah agung yang diikuti oleh para raja yang dilaksanakan secara tertutup untuk umum.

Karena saat ini kondisinya masih pandemi, sambung Lucky, sebagai tuan rumah, pihak Keraton Sumedang Larang harus membatasi beberapa agenda kegiatan dalam FAKN ini. Dan kegiatannya juga dilakukan secara virtual. Bahkan sebagian besar rangkaian acara digelar secara daring.

“Karena berpotensi menimbulkan kerumunan, maka sebagian kegiatan kami tiadakan, seperti kirab prajurit keraton, pameran pusaka keraton, penampilan kesenian tiap daerah serta beberapa rangkaian kegiatan lainnya. Pembatasan agenda kegiatan ini, terpaksa dilakukan dalam upaya mencegah potensi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Sumedang,” tutur Lucky.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan dalam FAKN ini, lanjut Lucky, merupakan beberapa agenda pokok saja, seperti penampilan para raja dan permaisuri, royal opening, royal gala dinner, juga musyawarah agung khusus para raja se-Nusantara.

Selain itu, terang Lucky, guna memastikan kegiatan tersebut benar-benar aman dari penyebaran Covid-19, maka sebelum masuk wilayah Kabupaten Sumedang seluruh peserta akan melewati pemeriksaan protokol kesehatan (prokes) secara ketat terlebih dahulu seperti, harus menunjukkan kartu vaksinasi, hasil swab test antigen bahkan harus siap mengikuti prokes selama kegiatan berlangsung.

“FAKN ini dilaksanakan secara tertutup, sehingga rangkaian acara dilaksanakan secara virtual. Dan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan FAKN ini dapat mengakses melalui kanal You Tube Keraton Sumedang Larang,” ujar Lucky.

  • Bagikan