Dampak Tol Cisumdawu, Jalan Menuju Kirpay Rusak Berat Dewan Desak Segera Diperbaiki

  • Bagikan
IMAN NURMAN PANTAU: Camat Jatinangor Drs Herry Dewantara bersama anggota DPRD Sumedang saat meninjau ke lokasi pembangunan tol Cisumdawu di Kirpay Jatinangor.

JATINANGOR – Dampak pembangunan Tol Cisumdawu di Blok Kiarapayung Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor menyebabkan jalan menuju Kiarapayung atau jalan yang menghubungkan Kecamatan Jatinangor dengan Kecamatan Sukasari rusak total.

Sejumlah pihak menilai adanya cut and fill di lokasi proyek Tol Cisumdawu diduga menjadi penyebab jalan dekat Universitas Padjajaran (Unpad) serta akses menuju Wisata Perkemahan Kiara Payung rusak berat karena adanya aktivitas truk yang hilir-mudik mengangkut tanah.

Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Dapil 5 Fraksi Golkar, Asep Kurnia mengatakan telah mendapat laporan mengenai adanya jalan rusak tersebut.

“Saya juga mendapat informasi ini terkait dengan rusaknya jalan yang diduga akibat pembangunan (jalan) Tol (Cisumdawu), arah ITB menuju Kiara Payung,” ujar pria yang akrab disapa Akur tersebut, Senin (7/6).

Akur mengaku jalan tersebut menjadi rusak berat dan perlu segera dilakukan penanganan. Bahkan, masyarakat yang mata pencaharian berdagang di pasar kaget Jatinangor menjadi terganggu pendapatannya.

“Ini kondisi jalannya jadi rusak berat, oleh karena itu perlu segera penanganan dari pihak terkait agar ada yang bertanggungjawab terkait dengan kerusakan jalan tersebut. Nah, siapa yang harus memperbaikinya, apakah pihak Satker atau subkontraktor,” imbuh Akur

Baca Juga : Under Pass Tol Cisumdawu Sudah Digunakan, Besok Arah Garut ke Cibiru Tak Perlu Muter

Akur menerangkan, pihaknya segera meminta kepada pemerintah daerah agar berkomunikasi dengan pihak terkait untuk segera menyelesaikan persoalan jalan yang rusak.

“Terkait jalan yang rusak, kami juga segera meminta pemerintah untuk mengkomunikasikan dengan pihak-pihak terkait, mengkordinasikan dan kemudian segera dilakukan perbaikan jalan tersebut,” tuturnya.

Menurut Akur, apabila dibiarkan jalanan yang rusak tersebut nantinya dapat mengakibatkan kerugian berbagai pihak.

“Karena kalau dibiarkan ini bisa membahayakan pengguna lalu lintas juga bisa mengakibatkan kerugian bagi masyarakat sekitar,” tutup Akur.

  • Bagikan