Berawal dari Hobinya Terhadap Ayam Hias, Kepala Sekolah di Darmaraja Sumedang ini Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah

Ternak Ayam Hias
Aja Herman Kepala Sekolah sekaligus Peternakan Ayam Hias

INISUMEDANG.COM – Jelang usianya yang mendekati purna bakti, Aja Herman salah seorang kepala Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Darmaraja ini, kini mulai menekuni usaha ternak ayam hias.

Selain merintis Usaha ternak Ayam Hias, Aja juga mulai menekuni usaha ayam pedaging. Meski usaha ayamnya baru seumur jagung, namun Aja sudah bisa meraup keuntungan dari usaha yang digelutinya tersebut.

Pria yang kerap disapa pak Mantri Aja ini telah memulai bisnis berupa pemberdayaan Ayam hias mulai semenjak tahun 2019 silam.

“Jadi sejak awal Pandemi Covid-19, kegiatan siswa dan guru banyak Belajar dari Rumah (BDR). Dari situ saya mulai iseng-iseng memanfaatkan waktu dengan mencoba dan mulai merintis bisnis ini” ujar Aja Herman, Rabu 19 Januari 2022.

Berkat hobinya menekuni ternak ayam hias ini, Aja meneruskan usaha tersebut hingga menjadi peluang usaha yang cukup untuk menambah penghasilannya.

Kini, berawal dari hobinya itu. Omzet kotor dari usahanya menekuni ayam hias sudah mencapai Rp 5 juta – Rp10 juta per bulan. Aja mengaku, ia tertarik dengan Ayam hias karena tidak serepot mengurus sapi dan hewan lainnya.

Aja mengaku, ia mulai mengembangkan usaha ternak ayam hias dengan cara belajar dari YouTube Mauoun Medsos dan bergabung dengan komunitas.

“Biasanya, pembeli kebanyakan dari komunitas di wilayah Jawa Barat seperti Sumedang, Majalengka, serta daerah lain di Indonesia. Sedangkan pemasaran melaui online dan offline,” jelasnya Rabu (19/1/2022) ditempat aktivitasnya.

Ia berharap jika nanti pensiun sudah bisa mandiri karena mempunyai usaha petenakan ayam hias tersebut.

“Semoga usaha ini dapat berjalan mulus dan mudah-mudahan juga ke depan bisa menyerap tenaga kerja dari luar untuk pembantu pemerintah mengurangi angka pengangguran,” harapnya.