Bantu Evakuasi Korban Gempa Cianjur, 7 Ambulans Diberangkatkan dari Bandung

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna

BANDUNG – Sebanyak 7 unit ambulans diberangkatkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk membantu proses evakuasi para korban gempa Cianjur.

Begitu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan, Rabu 23 November 2022.

Selain mobil ambulans, lanjut Ema, pihaknya juga turut mendistribusikan beberapa bahan pokok lainnya untuk membantu para korban gempa di wilayah Kabupaten Cianjur.

“Ini akan terus ditambah. Kami telah mengadakan rapat bersama beberapa SKPD terkait untuk membahas pengumpulan dan pengiriman bantuan selanjutnya,” ucap Ema.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung Momon Ahmad Imron Sutisna memaparkan, hasil rapat mengenai rencana donasi untuk korban bencana Cianjur akan segera dibuatkan surat edarannya.

“Pertama, bantuan dari ASN, karyawan RS, BUMD dikumpulkan di Bagian Kesra. Ini akan kita buatkan surat edarannya. Lalu Disdagin dan Dinsos mengumpulkan bantuan dari para pengusaha dan donatur lingkup masing-masing,” jelas Momon.

Kemudian, lanjut Momon, para camat dan lurah mengumpulkan bantuan dari warga masyarakat di lingkungan masing-masing. Selanjutnya, Dinkes mengirimkan bantuan berupa ambulans, tenaga medis, dan obat-obatan.

“Diskar PB juga sedang mengasesmen kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan di lokasi bencana. Bantuan dapat berupa uang, makanan, dan pakaian layak,” paparnya.

Momon menambahkan, bantuan tersebut dikumpulkan paling lambat hari Jumat, 25 November 2022.

“Bantuan dari ASN, BUMD, rumah sakit, Disdagin, Dinsos dan dari para camat serta lurah, akan diserahkan ke lokasi, Senin 28 November 2022. Rencananya Pak Wali Kota yang menyerahkan,” tandasnya.

Penulis: Dila NashearEditor: Acep Sandi