Banner Iklan bjb

ASN Terjerat Perkara Hukum Berdampak Kepada Karir dan Haknya, Begini Penjelasan Sekda Sumedang

ASN terjerat hukum
Sekda Sumedang Herman Suryatman

INISUMEDANG.COM РMenyikapi terjeratnya sejumlah ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam perkara hukum tindak pidana korupsi ataupun pidana umum. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupat̩n Sumedang Herman Suyatman berharap ASN untuk lebih berhati hati dalam bekerja, professional, memiliki kredibilitas dan akuntabilitas yang handal.

“Berdasarkan Undang undang No 5 tahun 2014 tentang ASN, Pasal 88 ayat 1 huruf (c) dan Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, pasal 276 huruf (c) bahwa PNS diberhentikan sementara, apabila ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana”. Jelas Herman kepada IniSumedang.Com Jumat 20 Januari 2023.

Sementara berdasarkan Peraturan Pemerintah 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS pasal 281 ayat 3, lanjut Herman. Menyebutkan bahwa uang pemberhentian sementara diberikan sebesar 50% dari penghasilan jabatan terakhir sebagai PNS. Sebelum diberhentikan sementara sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 87 ayat (4) dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Pasal 250 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa PNS diberhentikan dengan tidak hormat,” tuturnya.

Pada beberapa aturan tersebut, lanjut Herman, jelas tercantum dengan peraturan Undang undang No 5 tahun 2014. Bahwa tidak bisa dihindari karena jelas sanksinya sesuai pasal 250 didalamnya.

“Apabila dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan dan/atau pidana umum,” tandasnya.