Apresiasi dan Hormati Ulama, DPD PKS Sumedang Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan ke ulama dan santri dalam usaha mencintai ilmu. DPD PKS Kabupaten Sumedang menggelar Lomba Baca Kitab Kuning PKS ke-V Tingkat Kabupaten, yang dilaksanakan Lantai 2 Gedung Aula DPD PKS Kabupaten Sumedang, Minggu (28/11/2021).

Ketua Fraksi DPD PKS Kabupaten Sumedang, Dadang Sopian Syauri, ST mengatakan, lomba baca kitab kuning merupakan sebagai salah satu agenda keumatan dari Fraksi PKS untuk mengokohkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, sambung Dadang, kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan ke Ulama serta Santri dalam usaha mencintai ilmu.

“Pada akhirnya lomba baca kitab kuning ini, sebagai ajang kontestasi prestasi dan fastabiqul khoirot bagi para santri ponpes di kab sumedang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kabupaten Sumedang Yana Flandriana, S.T mengatakan, pada lomba baca kitab kuning ke 5 tingkat Kabupaten ini, paling tidak ada 3 hal yang mendasari penyelenggaraannya.

Pertama adalah semangat aktualisasi visi PKS, menjadi partai Islam rahmatan lil alamin.
Kebhinekaan adalah suatu keniscayaan, PKS ingin hadir bersama sama sebagai perekat kebhinekaan, memberikan rahmat kasih sayang dan pelayanan kepada semua komponen masyarakat.

Semangat yang kedua adalah semangat silaturahim. Politik yang dibawa oleh PKS adalah politik silaturahim, menjadi perekat dan pemersatu. Terhadap berbagai macam lingkungan, PKS ingin hadir membawa semangat silaturahim, termasuk juga kepada lingkungan Pondok Pesantren.

“Kita tahu Pondok Pesantren hari ini menjadi “center of excellent”, pusat keunggulan yang akan melahirkan muslim yang memiliki intelektualitas tinggi serta wawasan kebangsaan yang kuat, cinta tanah air.

“Ponpes hari ini juga sudah menjadi pilihan pertama dan utama para orang tua untuk mendidik serta membesarkan anak anaknya menjadi generasi yang memiliki peradaban mulia.

“PKS hadir menjalin silaturahim dgn Ponpes untuk meminta saran, nasihat dan mencoba memfasilitasi demi kebaikan bangsa di masa yang akan datang,” ujar Yana.

Sedangkan semangat yang ketiga, tentu dengan dilaksanakan lomba baca kitab kuning ke 5 ini, mampu memotivasi dan mendorong kembali generasi muda baik dari kalangan Pondok Pesantren ataupun di luar kalangan Pondok Pesantren senantiasa mau membaca, mempelajari dan memahami bacaan-bacaan Islam atau bacaan-bacaan positif di tengah tengah gempuran bacaan-bacaan yang kurang membangun semangat beragama yang benar dan semangat kebangsaan.

“Insya Allah PKS Sumedang baik melalui lembaga DPD ataupun Fraksi akan senantiasa memfasilitasi masyarakat dengan kegiatan kegiatan yang mendorong serta memotivasi lebih mencintai agama, bangsa dan negaranya,” tutur Yana.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang H Jajang Apipudin,M.ag mengapresiasi atas inisiasi dari PKS menggelar Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Kabupaten Sumedang.

“Ini merupakan agenda strategis untuk pondok pesantren dalam melestarikan budaya budaya zaman dahulu. Semoga betul-betul menjadi fastabiqul khoirot,” ujarnya.

Jajang menambahkan, bahwa kegiatan ini satu pemahaman dengan Kemenag yang juga mempunyai salah satu agenda yang dilaksanakan setiap tahunnya yaitu Qirotul Kutub.

“Kitab kuning harus kita jaga dan lestarikan, salah satunya melalui perlombaan,supaya menjadi motivasi dalam memahami, mendalaminya dan sebagai ajang evaluasi untuk meningkatkan prestasi,” ujar Jajang.

  • Bagikan