100 Ribu Warga Jatinangor dan Tanjungsari Jadi Target Akselerasi Percepatan Vaksinasi

  • Bagikan
Herman Suryatman

INISUMEDANG.COM – Sebanyak 70 persen atau 100 ribu warga di Kecamatan Jatinangor dan Tanjungsari menjadi target percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

Dipilihnya dua kecamatan tersebut, karena Jatinangor merupakan kawasan pendidikan di kabupaten Sumedang serta miniaturnya Indonesia.

Dimana dalam waktu dekat, dalam waktu dekat sejumlah Universitas Pendidikan di Jatinangor ditargetkan akan segera melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Demikian disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman kepada sejumlah wartawan, Selasa (3/8/2021).

Kendati demikian, kata Sekda, dengan dipilihnya dua kecamatan itu, bukan berarti mengabaikan vaksinasi di 24 kecamatan lainnya.

“24 kecamatan lain reguler, jadi proses vaksinasi terus berjalan. sedangkan kecamatan Jatinangor dan Tanjungsari masuk kategori akselerasi percepatan vaksinasi, karena di bulan September nanti rencananya mahasiswa yang ada di kawasan pendidikan itu akan menggelar pembelajaran tatap muka,” kata Sekda.

Sehingga, untuk menjaga Masyarakat dan mahasiswa yang ada di kawasan pendidikan tersebut terpapar Covid-19. Pemkab Sumedang mendorong Kecamatan Jatinangor dan Tanjungsari warganya Herd Immunity.

“Jadi 70% warganya harus sudah tervaksin. Sehingga, mahasiswa akan leluasa melakukan pembelajaran tatap muka dan tentunya aman bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara untuk progres vaksinasi di wilayah Jatinangor dan Tanjungsari sendiri, sambung Sekda, saat ini yang sudah divaksin sekitar 13% dan pada di Bulan Agus dan September nanti, ditargetkan 70% warganya sudah divaksin.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, untuk mendukung proses akselerasi percepatan vaksinasi di Sumedang tersebut. Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian, Lintas Sektoral seperti TNI, Polri dan pihak Kampus.

“Dari Provinsi sudah ada konfirmasi akan membantu sekitar 30 ribu dosis vaksin, kemudian dari para alumni ITB sanggup juga akan memberikan kesanggupan memberikan 20 ribu vaksin. Kami juga masih menunggu dari Kementrian Maritim, IPDN, UNPAD yang juga siap mensupport percepatan vaksinasi nanti. Dan prediksi kami untuk bantuan vaksin di dua kecamatan tersebut akan melebihi target 100 ribu vaksin, sehingga selebihnya bisa disalurkan ke kecamatan lainnya,” tutur Herman.

Untuk itu, tambah Herman, pihaknya berharap agar masyarakat di kabupaten Sumedang, untuk terus berperan serta mensukseskan program vaksinasi untuk menuju herd immunity.

“Kami berharap masyarakat turut serta mensukseskan program vaksinasi ini, agar Kabupaten Sumedang bisa segera keluar dari krisis pandemi Covid-19 ini. Saya juga berpesan agar warga Sumedang taat akan Protokol Kesehatan (Prokes),” ujarnya.

  • Bagikan