Banner Iklan bjb

Waspada Jajanan Ciki Ngebul Bisa Berdampak Keracunan Bagi Anak, Simak Ulasannya

Cikbul
Ciki Ngebul (Cikbul) atau Snack Smoke (Istimewa)

INISUMEDANG.COM – Jajanan Ciki Ngebul (Cikbul) atau snack smoke memang menjadi makanan yang sedang viral terutama bagi anak-anak. Bagaimana tidak, warna warni ciki dan kepulan asap dingin dari gas nitrogen itu cukup membuat anak tertarik. Hampir di setiap foodcourt mal, atau pedagang kaki lima di pasar-pasar kaget atau pasar tumpah.

Namun, hati hati, di beberapa daerah di Jawa Barat. Seperti Tasikmalaya dan Bekasi sudah ada laporan anak yang keracunan akibat mengkonsumsi zat nitrogen dingin secara langsung tersebut.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun sudah memperingatkan keracunan makanan diduga karena mengonsumsi jajanan ciki ngebul atau cikbul di Jawa Barat. Kasus keracunan dari makanan berasap memakai nitrogen itu ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Dinas Kesehatan provinsi, kota, dan kabupaten juga rumah sakit di Jawa Barat diimbau untuk secepatnya melaporkan pada Kemenkes jika ditemukan kasus keracunan pangan akibat ciki ngebul.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nina Susana menyatakan. Terkait keracunan makanan pada beberapa anak sekolah. Ada beberapa upaya penanggulangan sementara yang telah dilakukan untuk penanganan KLB jajanan ciki ngebul tersebut.

Surat Edaran Kemenkes

Pertama, melanjutkan informasi Surat Edaran (SE) kewaspadaan dari Kemenkes ke Dinkes kabupaten/kota. Kedua, melakukan penyelidikan epidemiologi kasus yang dilaporkan. Ketiga, memantau terus perkembangan kasus dan kemungkinan penambahan jumlah.

Keempat, mengimbau Dinkes kabupaten/kota untuk meninjau kembali izin usaha makanan dengan nitrogen cair. Dan, kelima Dinkes Jabar menyiapkan SE khusus ke Dinkes Kabupaten/Kota mengenai kewaspadaan makanan dengan nitrogen.

“Kementerian Kesehatan, melalui surat edaran telah merekomendasikan gerai pangan jajanan keliling supaya tidak menggunakan nitrogen cair pada produk pangan siap saji,” ujarnya.

Adapun restoran yang menggunakan bahan tersebut harus berada di bawah pembinaan dan pengawasan dari dinas kesehatan setempat. Serta “diberikan informasi cara konsumsi yang aman kepada konsumen”. Kata surat edaran tersebut, yang ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu pada 6 Januari 2023.

Menurut ahli makanan, penggunaan nitrogen cair pada makanan memang dapat jadi berbahaya bila digunakan tidak sesuai aturannya. Namun, kalau digunakan dengan baik, nitrogen cair tidak berbahaya.

Di sisi lain, badan resmi Food and Drug America (FDA) menyebutkan. Bahwa makanan yang dipersiapkan dengan nitrogen cair tidak baik untuk kesehatan.

Gejala Akibat Mengkonsumsi Nitrogen Cair pada Cikbul

Pertama, kecelakaan paparan kontak langsung dengan nitrogen cair dapat menyebabkan luka bakar akibat gas yang dingin ini. Karena itu disebut “frostbite” atau radang dingin. Efek frostbite juga bisa terjadi jika nitrogen cair terhirup atau tertelan secara tidak sengaja (“accidental inhalation or ingestion”) yang dapat menyebabkan gangguan saluran dan sistem pernapasan bahkan sampai asfiksia.

Kedua perforasi (atau luka berlubang) pada saluran cerna, yang semuanya terjadi karena paparan yang amat dingin dari nitrogen cair yang bisa dibawah minus 100 derajat celsius.