Banner Iklan bjb

UMKM Sumedang Dikenalkan di Pekan Kreatif dan Kerajinan Jabar

INISUMEDANG.COM – Upaya lebih mengenalkan produk Usaha mikro kecil dan menengah asal Sumedang, UMKM di Sumedang dikenalkan dalam event Karya Kreatif Jabar (KKJ) Kreatif dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB), yang dikenalkan di pameran Trans Conventions Center Kota Bandung, Senin (16/5/2022).

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan didampingi istri yang juga Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang Samantha Dewi mengunjungi stand UMKM Sumedang tersebut.

Wabup Erwan mengatakan, kegiatan yang menawarkan berbagai produk UMKM se-Jawa Barat, termasuk Sumedang. Diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk UMKM khususnya dari Kabupaten Sumedang.

“Kami apresiasi acara ini karena produk UMKM Sumedang jadi dapat lebih dikenal. Tidak hanya dikenal di lingkungan Jawa Barat saja, melainkan juga lebih luas lagi oleh masyarakat di seluruh Indonesia,” katanya.

Ia pun bersyukur produk UMKM Sumedang yang difasilitasi oleh Bagian Ekonomi Setda, Dekranasda dan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Sumedang dapat tampil dalam event tersebut.

“Alhamdulillah, Sumedang dipercaya mengikuti KKJ dan PKJB. Melalui Diskop UKMPP, Pemda sangat support dan kita akan terus dorong supaya UMKM Sumedang betul-betul bisa meningkat perekonomiannya,” tuturnya.

Kegiatan KKJ Ini Bisa Mempromosikan (Dikenalkan) Produk UMKM Sumedang Khususnya Batik Kasumedangan

Beberapa produk unggulan Sumedang, lanjut Wabup, khususnya batik Kasumedangan dan beberapa aksesoris lainnya dijajakan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

“Semoga produk UMKM Sumedang bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas dan para pengunjung yang datang dari berbagai daerah tertarik berbelanja produk Sumedang sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Sumedang Mulyani Toyibah mengatakan, Bagian Ekonomi ikut memfasilitasi Dekranasda Kabupaten Sumedang dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Dekranasda Jawa Barat dan BI Perwakilan Jawa Barat tersebut.

Harapannya, kata dia, dalam kegiatan KKJ ini bisa mempromosikan (dikenalkan) produk UMKM Sumedang khususnya batik Kasumedangan.

“Alhamdulillah, antusias pengunjung cukup baik. Kemarin saat lomba fashion show peserta dari provinsi yang menggunakan kain Sumedang mendapat perhatian dari juri dan peserta fashionshow,” tuturnya.

Senada dengan Kabag Ekonomi, Kabid UMKM pada Diskop UKMPP Wudan Lukmanul Hakim juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, selain sebagai media promosi, juga diharapkan bisa berdampak terhadap perekonomian para pelaku UMKM di Sumedang.

“Hikmah lain dari kegiatan ini, Batik Kasumedangan bisa dikenal di Jawa Barat. Hal ini dibuktikan pada acara fashion show kemarin dimana produk batik kita dipergunakan dua OPD dan mudah-mudahan hasilnya bisa Juara se-Jawa Barat. Dan sampai dengan hari Senin, omset yang di dapat sebesar Rp12 juta,” tandasnya.