Banner Iklan bjb

Soal Layanan Kesehatan di Perbatasan Kabupaten Bandung, Ini Langkah Bupati

Pemerataan layanan kesehatan
Bupati Bandung Dadang Supriatna

BANDUNGBupati Dadang Supriatna berharap tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Bandung bisa menyediakan rumah sakit daerah sehingga memenuhi pemerataan pelayanan kesehatan.

“Baik Puskesmas maupun rumah sakit harus membantu dalam pemerataan ini, supaya masyarakat Kabupaten Bandung yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak lagi harus jauh-jauh pergi ke kota,” ujarnya, Minggu 15 Januari 2023.

Dadang mengaku terus berupaya agar BLUD dan Satker di lingkungan Dinas Kesehatan ikut memikirkan. Agar masyarakat mendapatkan kemudahan untuk akses Yankes, misalnya bisa hanya dengan menggunakan KTP. 

“Hal ini penting agar semua masyarakat bisa merasakan pelayanan kesehatan yang adil, masyarakat cukup memperlihatkan KTP. Maka rumah sakit sudah bisa melakukan pemeriksaan, tidak perlu online,” tuturnya.

“Kita harus memperhatikan kebutuhan dan ketersediaan masyarakat. Selain itu, saya minta para stakeholder dan Puskesmas kalau bisa memiliki data masyarakat yang tidak mampu. Supaya kita tahu kebutuhan mereka apa saja,” ucap Dadang menambahkan.

Maka, lanjut Politisi PKB itu, untuk memenuhi harapan- harapan kesehatan di tahun 2023. Perlu adanya perbaikan admisitrasi dan strategi dari structural dan fungsional dinas kesehatan dan Puskesmas.

“Saya berharap baik dinas kesehatan maupun puskesmas bekerja secara kompak sesuai dengan job masing-masing, jangan sampai ada keterlambatan informasi yang kurang, baik diantara internal maupun eksternal,” katanya.

“Saya minta agar dibuatkan kajian akademis untuk pelayanan kesehatan di perbatasan Kabupaten Bandung dengan wilayah lain. Seperti di Kecamatan Cimenyan dan Cilengkrang. Kaji bagaimana caranya agar sarana dan pelayanan kesehatan masyarakat tetap terpenuhi,” ungkapnya.