Banner Iklan bjb
Berita  

Ratusan Warga Pasirnanjung Sumedang Sumringah, Dapat Pelayanan KTP Gratis

Pelayanan KTP Gratis
Pelayanan KTP Gratis

INISUMEDANG.COM – Ratusan warga Dusun Damur Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang sumringah pasalnya, mereka dapat pelayanan administrasi kependudukan (KTP) secara gratis berkat bantuan anggota DPRD dapil 5, Asep Kurnia yang dibungkus dalam kegiatan Reses Sidang ke 3 tahun 2021-2022 hari kedua, Jumat (5/8/2022).

Menurut Asep Kurnia, berdasarkan aspirasi masyarakat, mereka menginginkan pelayanan adminduk yang murah, dekat, dan hemat. Oleh karena itu, pihaknya dalam reses bekerja sama dengan Dinas Kependudukan, BPJS Kesehatan, dan stake holder lainnya seperti pemerintah kecamatan.

“Dalam reses ini sengaja kami buat tematik, kemarin di Jatinangor kita bahas mengenai digitalisasi desa, hari ini masalah adminduk. Kita datangkan langsung petugas Disduk dan BPJS Kesehatan yang langsung melayani masyarakat. Alhamdulilah antusias masyarakat sangat bagus, sekitar 100 orang hadir untuk membuat KTP, KK, Akte Kelahiran, perbaikan KTP, KK, dan pembuatan kartu BPJS kesehatan,” ujar Akur disela reses yang digelar di Dusun Damur RT 03 RW05 Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung.

Pelayanan KTP Memang Benar-benar Gratis

Akur menambahkan, masalah utama sulitnya mendapatkan KTP dan KK, karena lokasinya yang jauh. Sehingga muncul spekulasi warga meskipun pembuatan pelayanan KTP gratis, namun karena jauh, jadi seolah-olah tidak gratis karena jauh itu harus ada ongkosnya. Tapi kalau didekatkan seperti ini, tidak ada biaya transport dan memang benar benar gratis dan dekat.

“Yang terpenting alat harus ditambah untuk menunjang pelayanan adminduk. Makannya dalam satu tahun resmi reses anggota DPRD Fraksi Partai Golkar bahwa untuk mempercepat layanan adminduk itu salah satu diantaranya adalah penguatan di alat-alatnya. Kemudian juga SDM nya harus disiapkan sehingga layanan itu bisa cukup di desa atau di kecamatan,” ujarnya.

Jika pelayanan adminduk didekatkan dengan penduduk, lanjut Akur, akan semakin mempermudah jangkauan masyarakat untuk mengakses administrasi kependudukan begitupun BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Bagaimana persoalan aktivasi dan sebagainya Alhamdulillah tadi pihak BPJS membuka waktu 24 jam untuk memberikan layanan informasi pendampingan.

“Masyarakat juga banyak yang membuat BPJS kesehatan, karena dekat dan mudah. Bahkan mereka siap membayar preminya secara mandiri. Karena kenapa mereka belum mendaftar BPJS, kendalanya adalah proses aktivasi online yang sulit dan jauhnya jarak ke kantor BPJS. Dengan hadirnya petugas BPJS ditengah masyarakat, Warga jadi antusias membuat BPJS,” ujarnya.

Terakhir, dalam reses tersebut, Akur juga memfasilitasi warga untuk mendapatkan hak penerangan jalan umum (PJU). Alhamdulilah, meskipun tidak banyak, tetapi lampu PJU yang mati segera diperbaiki oleh Dinas PU.

Sementara itu, Tata Rohimat, Warga Dusun Damur RT 03 RW 05 Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung yang ikut reses mengaku sangat berterimakasih sekali kepada anggota DPRD Fraksi Golkar Asep Kurnia. Menurutnya, bentuk reses seperti itu selain membantu masyarakat juga pendidikan politiknya dapat. Reses dewan bukan jaman lagi rapat di ruangan dan bagi bagi amplop.

“Jadi berpendidikan sekali, kami terbantu dan memang ada manfaatnya, pelayanan adminduk dan BPJS jadi mudah dan dekat, serta gratis,” tandasnya