Perusahaan Selamatkan Ekonomi Dampak Pandemi

  • Bagikan
IMAN NURMAN/ILUSTRASI DIVAKSIN: Karyawan Kahatex saat mengantre untuk divaksin.

INISUMEDANG.COMPandemi Covid 19 yang terjadi hampir 2 tahun ini membuat ekonomi semakin turun drastis. Tak hanya industri rumahan, pertanian, pedagang eceran, bahkan sampai ke pengusaha sektor pariwisata. Namun, masyarakat di Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor cukup beruntung karena dihimpit oleh beberapa perusahaan tekstil dan industri besar.

Setidaknya, masyarakat yang berpenghasilan dari buruh pabrik tersebut cukup bertahan hidup meski gaji pas pasan.

“Warga yang berada di kawasan industri khususnya warga Jawa Barat harus bersyukur dengan adanya industri-industri yang berada di kawasan Cimanggung, Jatinangor dan Rancaekek sekitarnya. Dengan kondisi Pandemi covid 19 yang berdampak pada tatanan sosial yang begitu dahsyat terutama masalah ekonomi, daya beli serta pengangguran, namun masih bisa bertahan hidup dengan adanya industri,” kata pemerhati Sosial, Sitam Rasyid.

Sitam menambahkan meskipun kemiskinan semakin mewarnai kehidupan warga masyarakat di kawasan zona industri, namun masih tetap stabil. Meskipun banyak karyawan yang terkena PHK akibat omzet perusahaan menurun.

“Tapi Alhamdulillah dari sekian banyak perusahaan industri yang berada di Sumedang merasa terbantu dengan masih adanya perekrutan tenaga kerja. Walaupun bukan rahasia umum mereka harus menggunakan mediator dan mengeluarkan uang pelicin yang terjadi. Tapi kami melihat dari sisi pengangguran itu bisa berkurang, yang bisa menaikan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Sebagai contoh, perusahan industri terbesar di Bandung timur yaitu PT Kahatex. Disaat perusahaan yang lain mem PHK ini malah menerima karyawan. Walau pun penerimaanya terbatas karena masa Pandemi covid 19. Yang berimbas pada hidupnya perekonomian yang dirasakan tukang ojeg, warung warung, pemilik kontrakan dan lain lain.

“Bisa dibayangkan di masa Pandemi ini perusahaan hampir gulung tikar, tapi masih ada yang peduli terhadap lingkungan masyarakat pencari kerja. Semoga saja seiring menurunnya tingkat yang terkonfirmasi covid 19 bisa meningkat kan lagi kepedulian pihak pengusaha yang berada di Bandung timur ini dalam merekrut tenaga kerja besar besaran,” tandasnya.

  • Bagikan