Banner Iklan bjb

Perdana, Komoditas Porang Asli Kabupaten Bandung Diekspor ke China

Bupati Bandung Dadang Supriatna

BANDUNG – Komoditas porang Kabupaten Bandung diekspor untuk pertama kalinya ke China. Bupati Bandung Dadang Supriatna bahkan secara resmi melaksanakan prosesi pelepasan perdana 50 ton porang tersebut.

Sebagai informasi, porang merupakan salah satu komoditas yang biasa digunakan untuk bahan makanan, kesehatan, obat-obatan atau farmasi. Tanaman jenis umbi-umbian ini juga dipakai dalam produk kecantikan.

“Alhamdulillah, Kabupaten Bandung sudah bisa mulai ekspor komoditas porang ke luar negeri. Ekspor porang ke China ini mudah-mudahan menjadi awal keberhasilan untuk kami (Kabupaten Bandung),” ungkap Bupati.

Politisi PKB itu berharap ekspor komoditas porang ini bisa terus ditindaklanjuti. Jika berbicara pasar, kata Dadang Supriatna, produk porang ini tak hanya masuk ke China, juga ke negara Jepang dan juga negara-negara yang lain.

“Kami optimis produksi porang bisa terus meningkat. Bahkan kami akan terus-menerus hadir di tengah-tengah masyarakat petani dalam pengembangan produksi porang,” ucap Kang DS (begitu sapaannya).

Ketika berada di Mekkah, dia mengaku ternyata banyak produk-produk hasil pertanian di Kabupaten Bandung bisa dijual ke negara-negara lainnya. Untuk itu, dirinya akan segera diskusi untuk membahasnya.

“Kami.akan terus berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) soal data para pelaku UMKM di Kabupaten Bandung, yang menghasilkan produk pertanian,” kata Bupati Bandung itu.