Banner Iklan bjb

Otomotif Berita; Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

MEWAH: Mobil listrik Hyundai IONIQ Electrik yang dipakai dinas Ridwan Kamil sangat mewah dan elegan.
MEWAH: Mobil listrik Hyundai IONIQ Electrik yang dipakai dinas Ridwan Kamil sangat mewah dan elegan.

INISUMEDANG.COM – Dalam berita otomotif terbaru, diketahui banyak negara yang sedang berlomba-lomba memasuki era kendaraan listrik. Lalu apa kabarnya dengan Indonesia?

Membicarakan berita otomotif, pemerintah Indonesia berusaha meningkatkan perkembangan kendaraan (mobil) listrik melalui kebijakan pemerintah. Kebijakan ini mendukung penjualan kendaraan ramah lingkungan. Bahkan fasilitas pengisian baterai terus dikembangkan untuk menghadirkan kendaraan nol emisi.

Perkembangan mobil listrik semakin masif bahkan beragam model baru banyak diluncurkan oleh pabrik asal Indonesia. Apalagi baterai sekarang diproduksi di Indonesia sehingga bisa berkembang lebih cepat. Ini semakin memperkuat bahwa sudah waktunya Indonesia beralih ke kendaraan listrik

Apa itu Mobil Listrik?

Mobil Listrik adalah kendaraan yang digerakkan motor dengan memakai listrik di baterainya. Baterai pada mobil listrik bisa diisi ulang serta menggunakan sistem penyimpanan energi. Berdasarkan otomotif berita, kehadiran teknologi baterai terbaru membuat kendaraan listrik kembali populer baru-baru ini.

Mobil listrik di desain untuk lebih ramah lingkungan dengan nol emisi. Tanpa adanya asap yang dihasilkan maka udara akan terhindar dari polusi dan menjadikannya lebih sehat. Itulah mengapa semua negara di dunia sekarang sudah memikirkan rencana ini untuk masa depan.

Cara Kerja Mobil Listrik Secara Umum

Pada umumnya, cara kerja mobil listrik dimulai saat pedal mobil ditekan, sehingga controller mengambil daya listrik dari baterai dan mengaturnya. Pengaturan pada controller, inverter lalu mengirimkan kembali energi listrik ke motornya.

Energi yang dikembalikan sesuai dengan kedalaman tekanan pedal, lalu motor traksi listrik akan merubah energi listrik jadi rotasi atau putaran (energi mekanik). Putaran rotor di motor menimbulkan perputaran transmisi dan membuat mobil bergerak.

Nah sekarang ini mobil listrik memang tidak sepenuhnya bisa menjadi solusi. Hal itu karena maslah pada stasiun pengisian listrik yang masih sedikit. Namun jika tertarik membelinya berikut jenis mobil listrik yang banyak beredar di pasaran :

  • Battery Electric Vehicle (BEV)
  • Hybrid Electric Vehicle (HEV)
  • Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)
  • Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Jenis- jenis Mobil Listrik

Berita otomotif tentunya tidak lepas dari perkembangan mobil listrik di seluruh dunia. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, jika sekarang terdapat banyak jenis mobil listrik yang bisa dibeli di pasaran. Berikut adalah penjelasan dari beberapa jenis mobil listrik:

1. Battery Electric Vehicle (BEV)

Mobil BEV sering disebut juga sebagai  All-Electric Vehicle (AEV) merupakan kendaraan yang beroperasi penuh menggunakan listrik pada baterai. Jenis BEV tidak mempunyai mesin untuk pembakaran (ICE). Sehingga listrik disimpan di baterry pack, dengan menghubungkan langsung ke listrik eksternal.

2. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Mobil HEV mempunyai dua sistem penggerak, motor traksi dan mesin pembakaran (ICE). ICE akan mendapatkan energi dari BBM sedangkan motor dari daya baterai. Hal ini membuat bensin dan motor berputar bersamaan untuk menggerakkan roda.

Perbedaan mobil HEV dengan mobil jenis BEV dan jenis PHEV adalah baterai HEV hanya bisa diisi dari perputaran mesin untuk menggerakkan roda ataupun kombinasi keduanya. Jenis mobil ini tidak memiliki charging port sehingga baterai tidak bisa diisi ulang menggunakan jaringan listrik PLN.

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Berita otomotif selanjutnya adalah terkait mobil PHEV yang merupakan jenis mobil hibrid. Kendaraan ini mempunyai motor traksi listrik dan mesin pembakaran (ICE). Pada prinsipnya mobil PHEV disebut juga sebagai series hybrid karena menawarkan pilihan bahan bakar.

Jenis mobil ini bisa mendapatkan sumber energi berupa fosil (bensin) ataupun biodiesel serta baterai. Lain halnya dengan HEV, baterai mobil PHEV dapat diisi-ulang menggunakan listrik eksternal dengan cara menyambungkannya langsung ke sumber listrik eksternal.

4. Prinsip Kerja Mobil Listrik PHEV

Mobil listrik PHEV sering disebut juga “all-electric mode” karena memakai energi listrik sampai baterainya habis. Tapi ada beberapa jenis mobil yang dapat beralih ke mode hybrid saat kendaraan dalam kondisi stabil. Sesudah baterai kosong, mesin akan mengambil alih menjadi hybrid non-plug-in konvensional.

Berita Otomotif Terbaru, Ribuan Mobil Listrik Telah Digunakan

Menurut otomotif berita terbaru, sudah ada 80 unit mobil listrik, untuk beberapa pegawai kementerian. Serta sudah 16.060 kendaraan listrik beroperasi hingga 16 Maret 2022 di Indonesia. Untuk mendorong pengembangan ini, pihak  pemerintah telah bekerja sama dengan perusahaan swasta. Berdasarkan otomotif berita, kendaraan listrik yang beroperasi meliputi kendaraan roda tiga, bis barang, landasan bis, bis barang hingga kendaraan roda dua. Bahkan sudah ada kesepakatan kerja sama antara PLN, Grab Indonesia, Smoot, dan Swap