Banner Iklan bjb

Omzet Bendera Merah Putih dan Umbul umbul Kembali Menggeliat

Omzet penjualan bendera merah putih jelang Hari Kemerdekaan Indonesia

INISUMEDANG.COM – Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 tahun 2022 yang tinggal 2 Pekan Lagi, omzet penjualan bendera merah putih dan umbul-umbul kembali menggeliat. Seiring diperbolehkannya kegiatan pesta 17 agustus dan perlombaan, permintaan bendera dan umbul umbul Kembali bergairah.

Salah seorang pedagang bendera
asal Kecamatan Tarogong Kabupaten Garut, Agus Solihin mengatakan. Setiap tahunnya Ia selalu berjualan bendera atau umbul-umbul jelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Biasanya per hari bisa menjual sampai 20 kodi atau 200 bendera selama bulan Agustus.

“Biasanya seminggu sebelum 17 Agustus, permintaan selalu ramai. Bahkan sudah habis lusinan bendera dan omzet penjualan meningkat. Namun hari ini baru laku 10 biji,” katanya saat ditemui di Jalan Raya Bandung Sumedang tepatnya di Kampung Ciromed Kecamatan Tanjungsari, Senin (1/8).

Agus yang keseharianya tukang sol sepatu ini mengaku, bendera dan umbul-umbul yang ia jual di dapat dari temanya di Garut dan Cikoneng, Ciamis.

Menurutnya, penjualan bendera rata rata mengalami peningkatan saat memasuki bulan Agustus. Kecuali 2 tahun kebelakang yang sempat menurun gegara pandemi Covid 19, yang memang tidak ada kegiatan pesta 17 Agustus.

Agus menambahkan, harga bendera dan umbul-umbul yang dijual tidak ada kenaikan harga jual, semuanya hampir sama dengan harga tahun sebelumnya.

Untuk harga bendera dengan ukuran 90 cm x 60 cm dijual dengan harga Rp17 ribu, ukuran 110 cm x 1,5 m dijual dengan harga Rp50 ribu. Sedangkan untuk umbul-umbul dengan ukuran panjang 3 meter dengan harga Rp 35 ribu sampai 45 ribu rupiah.

“Untuk harga relatif sih, yang membedakannya hanya ukuran dan motifnya saja. Yang paling mahal ada umbul-umbul dengan ukuran 6 meter seharga Rp 110 ribu. Ya berharap, mudah-mudahan semuanya bisa laku terjual,” pungkasnya