Longsor di Cadaspangeran: Sekretaris ICMI Muda Sumedang, Jangan Ada Lagi Isu Mitos ‘Oray Koneng’

  • Bagikan
Fathul Arif
Fathul Arif, Sekretaris ICMI Muda Kabupaten Sumedang

INISUMEDANG.COMTerjadinya longsor di Kawasan Cadas Pangeran Sumedang Jawa Barat sekira pukul 16.30 WIB pada Rabu 12 Januari 2022 kemarin. Supaya tidak dikait-kaitkan dengan sesuatu yang berbau mitos yang kadang diperbincangkan oleh khalayak umum seperti adanya siluman raksasa atau si ‘oray koneng’ sang penghuni Cadas Pangeran.

“Kita percaya adanya mahluk tuhan seperti Jin yang bisa berubah atau menjelma menjadi sosok apapun. Seperti  menjadi sosok ular besar (oray koneng) yang sempat viral sebelumnya. Bahkan jin bisa menyerupai kita sebagai manusia. Namun kita sebagai manusia harus meyakini bawa kita diciptakan oleh Allah SWT lebih mulia dibandingkan mahluk lainnya,” kata Kami (13/1/2022).

Seperti diberitakan IniSumedang.Com sebelumnya longsor di kawasan Cadas Pangeran kemarin sempat memacetkan arus lalulintas akibat material longsor berupa tanah dan batu yang cukup besar menutupi sebagian badan jalan nasional Bandung–Cirebon. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah longsor tersebut.

Dugaan penyebab kejadian longsor tersebut, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang turun di hari sebelumnya. Serta kondisi tanah tebing sudah rapuh.

  • Bagikan