Banner Iklan bjb

Heboh Layanan Kelas 1-3 Dihapus Mulai Juli 2022, BPJS Kesehatan Soreang Buka Suara

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Soreang Heni Riswanti

BANDUNG – Dalam beberapa hari terakhir ini mencuat kabar bila layanan BPJS Kesehatan kelas 1-3 akan dihapus. Menyikapi kabar yang menghebohkan itu, Direksi BPJS Kesehatan Soreang memberi penjelasan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Soreang, Kabupaten Bandung Heni Riswanti mengatakan hingga saat ini jajarannya belum menerima informasi bakal adanya perubahan soal regulasi layanan kesehatan.

“Kami belum menerima informasi resmi dari pemerintah Pusat terkait perubahan regulasi atau aturan baru soal (kabar layanan BPJS Kesehatan Kelas 1-3 BPJS dihapus) itu,” ujar Heni saat dikonfirmasi Jumat 17 Juni 2022.

Hingga kini, kata Heni, jajarannya di BPJS Kesehatan Soreang Kabupaten masih menjalankan aturan yang ada. Baik itu soal kategori kelas dalam program kesehatan ini maupun mengenai teknis iuran dari peserta.

“Acuan kami masih Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2022. Soal kabar yang sedang hangat saat ini pemerintah pusat sedang melakukan pengkajian,” ucap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Soreang itu.

Lebih lanjut, Heni pun turut mengemukakan bila masih banyak peserta yang menunggak pembayaran BPJS Kesehatan. Dimana para penunggak iuran layanan ini tertinggi berasal dari jalur mandiri untuk kategori kelas 3.

“Peserta mandiri yang aktif membayar hanya 39,5 persen. Angka ini lebih rendah dari rata-rata nasional. Untuk menanganinya kami meluncurkan program Rehab (Rencana Pembayaran Iuran bertahap),” ungkapnya.