oleh

Ketua PHRI Meminta Infrastruktur Menuju Obyek Wisata Segera Diperbaiki

INISUMEDANG.COM – Dengan adanya Perubahan trend dari konvensional ke kekinian atau milenial, akan menjadikan konsep restoran akan berkembang, dimana pood truck dan food court merupakan bagian dari restoran.

“Perubahan tersebut harus dioptimasilisasikan”. Kata H. Nana Mulyana, SE.,MM, Ketua PHRI Kabupaten Sumedang, selepas mengikuti Diskusi terkait intensifikasi dan ekstentifikasi pajak hotel dan restoran yang digelar Komisi II DPRD Kabupaten Sumedang pada Selasa, (3/3/2020) di Kampung Karuhun Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan.

Namun, tambahnya, yang lebih penting lagi yaitu bagaimana kita melakukan kerjasama dua arah, dari Pemerintah kebijakan dan stimulus bagi para pelaku usaha. Dan dari pengusaha mengikuti aturan dalam membayar pajak. Selain itu, terkait alih fungsi hunian apartemen menjadi hotel.

“Sebenarnya, para pengelola hotel sudah siap mengurus izin, membayar pajak daerah dan sebagainya. Hanya saja, yang menjadi persoalan yaitu di perizinannya. Tapi bukan di DPMPTPSP nya, yang menjadi kendala itu yaitu Dinas pemberi rekomendasi,” ucapnya.

Lebih lanjut Nana menyampaikan, saat ini yang penting bagaimana menciptakan Destinasi. Karena dengan bertambahnya Destinasi dipastikan akan berdampak bertambahnya PAD.

“Perlu diketahui bahwa pajak yang dihasilkan dari hotel dan restoran menempati lima besar penyumbang PAD terbesar ditingkat nasional. Jadi bagaimana dioptimalkan sehingga pada gilirannya PAD akan bertambah, tingkat kunjungan wisatawan juga bertambah,” ujarnya.

Nana menambahkan, pihaknya memohon agar pemerintah daerah memperhatikan infrastruktur menuju obyek wisata segera diperbaiki, tetapi bukan hanya bagus, tetapi juga layak untuk dilewati oleh para wisatawan.

“Kalau jalan sempit, tentunya menjadi hambatan, bagaimana para wisatawan yang menggunakan bus bisa masuk ke obyek wisata,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait