ICMI Muda Sumedang Siap Kolaborasi Tumbuhkan Semangat Pendidikan di Masa Pandemi

  • Bagikan
JAJARAN Pengurus ICMI Muda Sumedang foto bersama setelah dilantik, Sabtu.
JAJARAN Pengurus ICMI Muda Sumedang foto bersama setelah dilantik, Sabtu.

INISUMEDANG.COM —Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia ICMI Muda Kabupaten Sumedang menggelar Seminar Nasional, Pelantikan dan Rapat Kerja, di Pendopo IPP Sumedang, Sabtu (27/03/2021).

Pada acara tersebut ada 46 pengurus ICMI Muda Sumedang yang dilantik secara resmi oleh Ketua ICMI Muda Jabar Cucu Sukmana, S.T, M.M.

Ketua ICMI Muda Sumedang Obi Haliman mengatakan, setelah dilantik, pihaknya akan segera berkonsolidasi untuk menyusun program-program kerja selama masa baktinya ke depan.

Obi menuturkan, pihaknya bersama jajarannya siap menyusun program kerja yang sinergi bersama pemerintah demi terwujudnya pembangunan di Kabupaten Sumedang.

Terutama di bidang pendidikan dan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung saat ini.

“ICMI Muda Sumedang akan memberikan yang terbaik untuk Sumedang. Siap berkolaborasi terutama di bidang pendidikan dan pemulihan ekonomi yang mana pada masa pandemi ini memerlukan perhatian khusus,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris ICMI Muda Sumedang Fathul Arif. Dirinya berharap, pelantikan pengurus dan seminar yang dilaksanakan hari ini dapat menjadi spirit dan dorongan bagi jajaran pengurus untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, dengan dilantiknya pengurus ICMI Muda inu tentunya menjadi dorongan untuk siap berkiprah, berkontribusi membangun Sumedang,” tambahnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua ICMI Muda Jawa Barat Cucu Sukmana mengatakan, pihaknya mengapresiasi pelantikan pengurus ICMI Muda Sumedang itu, mendapat tanggapan baik dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, kehadiran ICMI Muda merupakan mitra bagi pemerintah dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Kami hadir bukan seolah-olah jadi pesaing pemerintah, atau ancaman pemerintah, terutama Pemkab Sumedang,” sebutnya.

Cucu berharap, para pengurus yang telah dilantik ini dapat bersinergi dengan Pemkab Sumedang.

“Kami mengimbau kepada Pemkab Sumedang, ajaklah, ikut sertakan kami dalam memberikan gagasan dan pemikiran,” ucapnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumedang Asep Tatang Sujana menyambut baik kehadiran Ormas baru ini di Sumedang.

“Sama-sama Ormas, yang kalau dilihat dari peraturan pemerintah dan aturan Kemendagri, sebuah Ormas itu harus bisa berkiprah, dan mendukung program pemerintah daerah,” ucapnya.

Menurut Asep, pemerintah daerah juga tidak memiliki alasan untuk tidak mendukung kehadiran Ormas baru ini.

“Ini justru bisa membantu pemerintah dalam menjalankan program kerjanya,” katanya.

Asep berpesan, jajaran pengurus untuk segera mendaftarkan keorganisasiannya secara hukum ke Kesbangpol.
Sehingga, sambung Asep, ICMI Sumedang terdaftar, resmi, dan terdata.

Sementara itu, Dewan Pakar ICMI Muda Sumedang, Dr. H. Dudi Supardi, S.T, M.M yang hadir sebagai narasumber pada Seminar Nasional tersebut menuturkan, pihaknya mendorong agar ICMI Muda menyusun program kerja yang efektif bagi pembangunan Sumedang.

“Saya mendorong agar ICMI Muda Sumedang membuat prorgram kerja yang dapat menjadi ciri khas bahwa ICMI Muda Sumedang bergerak untuk pembangunan Sumedang. Bisa apa saja, maup pendidikan, ekonomi, intinya bisa dilaksanakan,” tuturnya.

Kemudian, kata Dudi, pada bidang pendidikan Dudi berpesan agar ICMI Muda dapat berkontribusi kepada masyarakat dalam menumbuhkan semangat literasi. Yang mana, kata Dudi, pada masa pandemi sekarang ini, minat membaca khususnya para pelajar menurun.

“Sekarang kan keinginan anak-anak untuk membaca itu turun. Kita datangi suatu tempat untuk bagaimana keinginan membaca itu tumbuh. Alhamdulillah ada perguruan tinggi yang siap membantu dalam menumbuhkan semangat literasi itu,” ungkapnya.

  • Bagikan