HGN dan HUT PGRI ke-76, Momentum Pendidik untuk Pengembangan Diri dalam Profesi

  • Bagikan
Guru SMPN 1 Cimalaka

INISUMEDANG.COM – Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021 dan HUT PGRI ke-76 diharapkan menjadi momentun untuk para guru dalam pengembangan diri dalam profesi.

“Pengembangan diri dalam profesi
Kepala sekolah merupakan pemimpin yang seharusnya menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah dalam berperilaku, termasuk kaitannya dengan pengembangan diri dan orang lain sebagai wujud pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).” kata Kepala Sekolah SMPN 1 Cimalaka Kecamatan Cimalaka,Kabupaten Sumedang Hj. Enung Titin Agustikawati, Kamis (25/11/2021).

Dikatakan Enung, sedikitnya ada tiga komponen dalam pengembangan diri kepala sekolah maupun para guru harus terus ditingkatkan.

“PKB kepala sekolah terdiri atas tiga komponen, yakni pengembangan diri meliputi diklat fungsional dan kegiatan
kolektif, publikasi ilmiah meliputi presentasi pada forum ilmiah dan publikasi ilmiah, dan pengembangan karya inovatif.” tutur Enung.

Lebih jauh Enung menuturkan, pengembangan diri dan orang lain ditunjukkan oleh kebiasaan kepala sekolah dalam melakukan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri, mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar, berpartisipasi aktif dalam organisasi profesi kepemimpinan kepala sekolah dan komunitas lain untuk pengembangan karier. Dan
menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik.

“Saya sebagai kepala sekolah di SMP Negeri 1 Cimalaka Kabupaten Sumedang Jawa Barat yang familiar disebut Sacikuat Kampus Pelangi. Telah melakukan pengembangan diri, melalui upaya melibatkan diri kedalam beberapa kegiatan pendidikan dan latihan (diklat), lokakarya, seminar, webinar sebagai narasumber, pemateri, atau peserta,” ujar Enung.

  • Bagikan