Hari Lanjut Usia Nasional, Puskesmas Kotakaler Lakukan Vaksin Covid-19 Khusus Lansia

  • Bagikan

SUMEDANG UTARA – Vaksinasi Covid-19 terus gencar dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Indonesia. Skala prioritas bagi pemerintah dalam vaksinasi Covid-19 adalah cakupan vaksinasi bagi Lansia. Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2021, UPTD Puskesmas Rawat Inap Kotakaler bersama Pemerintah Kelurahan Kotakaler melaksanakan vaksinasi khusus untuk lansia dilingkungan kelurahan Kotakaler dalam kegiatan “Gebyar Vaksinasi Lansia”, bertempat di Aula Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Selasa, (25/05/2021)

“Jadwal vaksinasi dari puskesmas untuk hari ini adalah untuk RW 01 Lingkungan Sindangraja dengan sasaran 80 orang lansia berdasarkan data dari RT dan RW”. Ujar Lurah Kotakaler Wuddan Lukmanul Hakim.

Kata Wuddan, Warga Kelurahan Kotakaler sudah didata dan datanya sudah disampaikan ke puskesmas Kotakaler.

“Hari ini vaksinasi dapat terealisasi dengan jumlah sasaran 80 orang lansia. Namun, berdasarkan informasi dari kader ada beberapa orang yang sakit sehingga tidak dapat mengikuti vaksinasi pada hari ini.” Ucapnya.

Baca Juga : Melintas di Pokso Penyekatan, Mobil Xenia Pembawa Ratusan Miras Diamankan Satpol PP

Kepala UPTD Puskesmas Kotakaler dr. Hj. Mela Amaliani mengatakan bahwa vaksin yang diberikan pada vaksinasi dosis pertama hari ini adalah vaksin sinovac.

“Untuk dosis vaksin yang kedua akan diberikan pada tanggal 22 Juni 2021 dengan jumlah vaksin yang disediakan 100 buah”. Terangnya.

Sedangkan, lanjut dr. Mela, Tahap-tahap yang dilakukan sebelum vaksinasi adalah screening, tensi darah, cek berat badan, cek suhu tubuh, selanjutnya petugas harus mengisi hasil dari skrining dan vaksinasi dan menginputnya ke Pcare.

“Setelah sasaran menjalani skrining kesehatan dan dinyatakan layak menerima vaksin, maka dapat langsung diberikan vaksin”. Jelasnya.

  • Bagikan