Hampir Empat Tahun, Pembangunan TPSA Cijeruk Tetap Mangkrak

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Meskipun sudah hampir 4 tahun berjalan, namun pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Akhir TPSA Cijeruk Kecamatan Pamulihan masih tetap mangkrak seolah tidak ada progres kelanjutan.

Akibat sudah bertahun-tahun tak dilanjut pembangunannya, TPSA yang belum ada bangunan, hanya kolamnya saja. Kini kondisi di area TPSA tersebut dipenuhi rumput dan semak belukar seakan kembali lagi kesemula yaitu hutan ilalang.

“Kami mempertahankan, soal kelanjutan TPSA Cijeruk yang sudah digadang-gadang bakal menampung sampah dari 5 kecamatan yakni Sumedang wilayah barat. Namun hingga saat ini pembangunan TPSA tersebut terbengkalai, ” kata Tarnama Kadus 3 Desa Cijeruk dilokasi, Minggu (28/03/2021).

Bahkan, sambung Tarnama, akses jalan ke TPSA dari jalur Rancakalong Pasirbiru – Cadas Pangeran sebagai menghubungkan dua kecamatan yaitu Rancakalong Pamulihan sepanjang 3,1kilometer, belum ada perbaikan.

Padahal sebelumnya, pemerintah sudah menjanjikan bahwa jalan akses ke TPSA tersebut akan diperbaiki untuk menunjang operasional pengelolaan sampah di TPSA tersebut.

Ditempat yang sama, Kades Cijeruk Bastaman membenarkan hal tersebut. Menurutnya, selaku pemerintah desa hingga saat ini belum ada kabar kelanjutan pembangunan TPSA tersebut. Padahal awal pembangunan TPSA sebagai program nasional itu dimulai sejak tahun 2018 lalu.

“Kemungkin karena akses jalan dari jalur Rancakalong Pasirbiru Cadas Pangeran itu belum ada perbaikan, sehingga TPSA tersebut hingga saat ini masih mangkrak, “ujarnya

Sebab waktu itu lanjut kades, karena jalan desa tersebut akan dijadikan akses jalan menuju ke TPSA, sehingga status jalan dinaikan menjadi jalan kabupaten.

“Jika status jalan tersebut dikembalikan lagi menjadi jalan desa, maka berat bagi desa. Sebab, anggaran desa yang sangat terbatas itu, dipastikan tidak akan mampu membangun jalan sepanjang 3,1 kilometer itu,” tandasnya.

  • Bagikan