Banner Iklan bjb

MTQ ke-37 Tingkat Jabar Berdampak Positif, Tingkat Keterisian Hotel di Sumedang Capai 100 Persen

Ketua BPC PHRI Kabupaten Sumedang, H Nana Mulyana.

INISUMEDANG.COM – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Jawa Barat rupanya berdampak positif. Dimana tingkat okupansi (keterisian) hotel di Kabupaten Sumedang mencapai 100 persen.

Ketua PHRI Kabupaten Sumedang H Nana Mulyana mengatakan. Adanya pelaksanaan MTQ ke-37 Jawa Barat dengan Kabupaten Sumedang yang menjadi tuan rumah berdampak positif bagi tingkat okupansi hotel.

“Sebelum ada gelaran MTQ, okupansi hotel di Sumedang hanya mencapai 20 persen saja. Namun, sekarang naik drastis mencapai 100 persen. Bukan hanya hotel saja, penginapan kecil, apartemen, sampai rumah kos pun ikut terisi” ujar Nana saat dihubungi IniSumedang.Com, Selasa (21/6/2022).

Sebelumnya, kata Nana, pihaknya telah berkoordinasi dengan panitia MTQ Tingkat Jabar 2022. Untuk menyediakan kamar hotel ataupun penginapan untuk para tamu dan peserta MTQ yang akan dilaksanakan selama satu pekan ini.

“Kami diminta oleh panitia untuk menyiapkan ribuan kamar bagi para tamu dan peserta dalam MTQ ke-37 tingkat Jabar ini,” kata Owner Kampung Karuhun ini.

Nana menuturkan, puncak terjadi lonjakan pengunjung terjadi saat pawai ta’aruf MTQ Tingkat Jabar 2022 digelar sebagai tanda dimulainya MTQ. Pasalnya, pengunjung membludak dan jumlah kamar yang tersedia tidak dapat menampung para pengunjung tersebut.

“Saking banyaknya pengunjung membuat kamar hotel penuh dan dampaknya banyak pengunjung yang memilih menginap di kos-kosan di Sumedang,” ungkapnya.

Pada umumnya, tambah Nana, peserta MTQ dari Kabupaten/kota di Jawa barat ini menginap selama 4 hari hingga satu minggu, selama pelaksanaan MTQ ini.

“Pemerintah Kabupaten/Kota yang ikut dalam gelaran MTQ ini, sebelumnya telah menyepakati untuk mengontrak selama satu minggu dan ada juga yang memesan empat hari untuk menginap,” tandasnya.