Dukung Desa Cantik BPS Luncurkan Aplikasi PULSA

  • Bagikan

SUMEDANG – Dalam mendukung kapasitas Desa Cinta Statistik (CANTIK) Badan Pusat Statistik (BPS) meluncurkan sebuah aplikasi yang dinama PULSA yaitu Pusat Layanan Pembelajaran Statistik. PULSA merupakan media pembelajaran statistik digital yang dapat diakses melalui perangkat smartphone.

“Saat ini, PULSA dikembangkan dalam perangkat berbasis android. PULSA dievaluasi secara berkala dan juga akan dikembangkan agar dapat berjalan pada perangkat iOS”. Ujar Kepala Pusdiklat BPS Eni Lestariningsih, S.Si.,MA, saat kunjungan ke Sumedang Jumat (4/6/21) di Gedung Negara.

Masih menurut Eni, melalui PULSA kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara virtual atau online.

“Pelatihan dan pembelajaran dalam melakukan dalam pengelolaan, penggunaan dan pemanfaatan data dan statistik desa, Pendampingan dan pembinaan Pokja Relawan Pendataan Desa dan Kader Desa, dan Pemantauan dan evaluasi kegiatan pembinaan Desa Cantik”. Tambahnya.
Kata Eni, PULSA memiliki beberapa fitur utama yaitu materi pembelajaran digital, knowledge management system, dan shared learning.

Baca Juga : Pokja Pendataan Desa Cibeureum Kulon Diberikan Pembekalan Data Berbasis Aplikasi SDGs dan E-Office

“Materi pelatihan diletakkan pada halaman depan yang juga memuat beberapa informasi terkait PULSA dalam bentuk berita dan daftar kategori serta materi terbaru mengenai pembelajaran. Pengguna akan langsung disajukan pilihan materi-materi yang ada serta sekaligus dapat menggunakan fitur search untuk mencari materi yang diinginkan”. Terangnya.

Kemudian, sambung Eni, Menu Knowledge Management System (KMS), mencakup semua pengetahuan terkait statistik. Untuk memudahkan pengguna dalam pencarian materi, disediakan beberapa kata kunci yang dapat dipilih dan sesuai dengan masing-masing materi. Apabila tidak ada dalam daftar kata kunci yang telah disediakan, pengguna juga dapat menggunakan fitur search untuk menuliskan kata kunci yang diinginkan.

“Sedangkan Shared learning, memberikan wadah bagi para pengguna untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman terkait kegiatan statistik. Menu shared learning berisi gambar serta deskripsi dan lampiran yang dibagikan oleh pengguna. Pengguna lainnya juga dapat memberikan apresiasinya berupa tombol suka dan kolom komentar di masing-masing konten”. Jelasnya.

  • Bagikan