DPMD Sumedang Selenggarakan Bimtek Pilkades

  • Bagikan

SITURAJA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD ) melaksanakan kegiatan Rapat teknis pelaksnaan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2021 dalam rangka kegiatan Penyelenggara pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa bertempat di GOR Srikandi, Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang, Kamis (27/05/2021).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Dinas Pemdes dan jajaranya, Kasi Pemerinta DPMD, Aparatur Desa, 88 ketua BPD masing Desa,Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam pemaparannya Kepala Seksi Tata Pemerintahan DPMD Sumedang Dinar menyampaikan yang paling utama kepada para calon kades harus mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang mencangkup tugas pokok desa, diantaranya yakni Menurunkan angka kemiskinan, dan Meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Calon kepala desa yang telah terpilih oleh masyarakat, akan sangat berperan penting dalam menentukan arah kebijakan Pemerintah yang sesuai kebutuhan masyarakat, terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang adil makmur sejahtera lahir dan batin”. Ujarnya.

Bacaa Juga : Pilkades Serentak, DPRD Kab. Bandung Kunjungi DPMD Sumedang

Dinar berharap, pemilihan kepala desa serentak 2021 bulan september nanti dapat berjalan dengan kondusif dan meminta kepada panitia pilkades untuk untuk berpartisipasi aktif dalam kinerja dan kesuksesan pilkades serentak.

Sebelumnya, Kegiatan tersebut berbentuk bimbingan teknis dan penjelasan mengenai tahapan pelaksanaan pilkades.

“Sesuai dengan arahan dari Dirjen Pemdes serta Direktur Fasilitas Keuangan dan Aset Kemendagri, pilkades kali ini harus menerapkan AKB dan anggaran dibebankan kepada APBD pelaksana pilkades”. Terang Dinar.

Kegiatan ditutup oleh tanya jawab serta simulasi pelaksanaan dan penghitungan suara sebagai gambaran umum untuk kejadian riil di lapangan.

  • Bagikan