Dony Ahmad Munir, Didaulat Bupati Terbaik Nasional Mendukung Gerakan Cinta Zakat

INISUMEDANG.COMBupati Sumedang H Dony Ahmad Munir didaulat sebagai Kepala Daerah Pendukung Gerakan Cinta Zakat Nasional oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia dalam acara Baznas Award 2022 yang digelar dalam rangka HUT ke 21 Baznas di Golden Ballrom, The Sultan Hotel Jakarta, Senin (17/1/2022).

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan. Penghargaan diterima berkat dukungan Pemda dalam mesukseskan Gerakan Cinta Zakat di Kabupaten Sumedang dengan telah memberikan kontribusi.

“Kabupaten Sumedang dinilai terbaik dalam dukungan kepala daerah terhadap program zakat dari aspek regulasi. Pendanaan APBD dan sarana prasarana kepada Baznas Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Apresiasi ini, lanjut Dony, diharapkan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam menentukan kebijakan dan penganggaran kepada Baznas, supaya lebih efektif lagi dalam menghimpunkan daya gunakan zakatnya.

Gerakan Cinta Zakat Jadi Solusi Untuk Mengatasi Kemiskinan dan Penggangguran

“Jadi zakat yang dikelola secara produktif insya Allah akan menjadi instrumen untuk mensejahterakan masyarakat, dan juga solusi untuk mengatasi kemiskiman dan pengangguran di Sumedang,” kata Dony.

Dengan pendayagunaan zakat yang efektif, tambah Dony. Tentu akan mengatasi permasalahan semua mustahiq, kaum lemah dhuafa yang selama ini harus mendapatkan perhatian.

“Selama ini Baznas telah hadir menjadi solusi untuk mengatasi persoalan-persoalan kemiskinan di masyarakat baik itu melalui bantuan langsung maupun program-programnya,” ujar Dony.

Baznas Kabupaten Sumedang pada kesempatan itu menerima dua penghargaan sekaligus dalam ajang tersebut. Yakni Kategori Baznas Kabupaten/Kota dengan kelembagaan terbaik dan Nominasi Terbaik ke-3 Kategori Baznas Kabupaten/Kota dengan pertumbuhan pengumpulan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) terbaik.

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas mengatakan. Dua penghargaan nasional yang diterima Baznas ini, patut disyukuri sebagai bentuk sinergitas Baznas dengan Pemerintah Daerah.

“Ini patut disyukuri karena bertepatan dengan HUT yang ke-21 Baznas, Sumedang masuk di tiga nominasi penghargaan nasional,” ujarnya.

Sebagai lembaga non struktural, tambah Ayi, pihaknya senatiasa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan.

“Atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang, tentunya kami sangat berterimakasih. Semoga Baznas terus menjadi lembaga yang mensejahterakan umat ke depannya,” ujar Ayi.